IGA Gede Suadnyana,S.T.: Tinggi Peminat KUR di Badung

(Baliekbis.com), Peminat KUR (Kredit Usaha Rakyat) di Badung cukup tinggi. Realisasi kredit dengan bunga 7 persen setahun ini hingga akhir September 2018 ini sudah 90 persen.

“Kita harapkan dengan sisa waktu sekitar tiga bulan ini realisasinya bisa sesuai target,” ujar Kepala Bank BPD Bali Cabang Badung, I Gusti Agung Gede Suadnyana,ST., Jumat (19/10) di sela-sela pembukaan “Temu Karya Nasional TTG XX dan PINDesKel 2018” yang berlangsung tanggal 18-22 Oktober di kawasan Garuda Wisnu Kencana Badung. Temu karya yang dihadiri 7.000 peserta dari seluruh Indonesia ini dibuka Presiden Jokowi, Jumat (19/10).

BPD Cabang Badung ikut serta mengisi stan pameran bersama mitra binaan. Dalam kesempatan tersebut, BPD Cabang Badung menggelar inklusi keuangan sejaligus mengajak mitra binaan ikut mempromosikan produknya. Kepala BPD Cabang Badung I Gusti Agung Gede Suadnyana,ST., mengungkapkan dalam kegiatan ini pihaknya menggandeng mitra binaan dari Bank BPD Bali memperkenalkan produk-produk kerajinan yang unik dan menarik. “Selain juga memperkenalkan lebih jauh kepada masyarakat bukan hanya dari Bali, namun juga peserta dari seluruh Indonesia tentang Bank BPD Bali,” ujarnya. Pihaknya juga menggelar inklusi keuangan seperti melayani pergantian kartu ATM ke GPN, menyediakan layanan penukaran uang atau money changer, serta memperkenalkan produk Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada masyarakat guna meningkatkan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Terkait KUR, plafon KUR BPD Cabang Badung tahun ini mencapai Rp 28 miliar, naik dua kali lipat dibanding tahun lalu. “KUR ini kita prioritaskan ke sektor produksi kurang lebih 50 persen dan sisanya ke sektor perdagangan dan lainnya,” ucapnya.  Dijelaskan untuk KUR ini ada yang KUR mikro dan KUR retail (kecil). Plafon KUR mikro mencapai Rp 875 juta sedangkan KUR kecil sebesar Rp 28,27 miliar. Seluruh Bali total KUR Rp 550 miliar, terdiri dari KUR mikro Rp 23 miliar dan KUR kecil Rp 527 miliar. “Realisasi KUR sampai saat ini sekitar 90 persen. Mudah-mudahan dengan sisa waktu yang ada target bisa dicapai,” harapnya.

Terkait perkembangan Bank BPD Bali Cabang Badung dikatakan cukup positif. Pencapaian per 30 September 2018, untuk aset sebesar 113,87%, Laba 112,96%, dan total Dana Pihak Ketiga mencapai 114,59%. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: