IAHN TP Palangka Raya Gelar Orientasi Peningkatan Mutu Akademik Kemahasiswaan

(Baliekbis.com), Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya yang lebih dikenal dengan nama IAHN TP melaksanakan orientasi peningkatan mutu akademik kemahasiswaan di kampus setempat, Jumat (21/12). Kegiatan ini menghadirkan pembicara Dr. Dewa Windu Sancaya dari UNUD dan akademisi IHDN Denpasar Dr. I Ketut Sudarsana, S.Ag., M.Pd.H.

Rektor IAHN TP Prof. Drs. I Ketut Subagiasta, D.Phil. dalam sambutannya sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini. Sebab mahasiswa dapat menambah wawasan serta budaya akademik dikampus dan dikelas masing-masing.

“Kami sengaja mengundang pakar yang kompeten dari UNUD dan IHDN Denpasar untuk memotivasi mahasiswa menjadi lebih akademis” paparnya lebih lanjut. Dr. Dewa Windu Sancaya dalam paparannya menekankan pada konsep pencarian dharma, artha dan pengetahuan dalam kehidupan, terlebih sebagai mahasiswa maka dharma menjadi fokusnya. Mahasiswa harus rajin belajar dan mampu bekerjasama untuk peningkatan kualitas diri.

Sedangkan akademisi IHDN Denpasar yang merupakan alumni Universitas Pendidikan Indonesia Bandung mengawali paparannya dengan memberikan gambaran kondisi terkini mahasiswa di Indonesia, dimana banyak masiswa yang terlibat penyalahgunaan narkoba, seks bebas dan berbagai macam kekerasan.

Kondisi ini kemudian diperparah oleh banyaknya mahasiswa telah terinfeksi HIV/AIDS, padahal tantangan kehidupan memasuki masa revolusi industry 4.0 semakin berat. Setiap orang termasuk mahasiswa dituntut untuk bisa memaksimalkan potensi diri dengan berbagai kecanggihan teknologi informasi.
“Mahasiswa dituntut tidak hanya focus pada nilai/IP tetapi lebih menekankan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan yang bisa didapatkan baik dari aktivitas belajar didalam kampus maupun diluar kampus,” tandasnya.

Sebagai mantan Ketua BEM, Dr. I Ketut Sudarsana, S.Ag., M.Pd.H. memotivasi mahasiswa untuk tidak takut dan ragu kuliah di kampus keagamaan, karena potensi kesuksesan sesunggguhnya sama dengan lulusan perguruan tinggi lainnya.
“Mahasiswa jangan memikirkan pekerjaan apa yang didapat setelah menjadi lulusan IAHN TP, karena penghasilan itu dapat dari berbagai profesi yang penting mau bekerja keras,” pungkasnya.

Kegiatan orientasi peningkatan mutu akademik kemahasiswaan ini sendiri dilaksanakan oleh BEM dibawah koordinasi Plt. Wakil Rektor III Budi Widodo, M.H. yang tanpa mengenal lelah membimbing mahasiswa IAHN TP dalam setiap kegiatannya. (wbp)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: