Humas dan Protokol Denpasar Gelar Pelatihan Bahasa Inggris dan Bahasa Bali

(Baliekbis.com), Terciptanya pengelolaan kehumasan dan keprotokolan yang proporsional, profesional efektif dan efisien dalam mendukung tugas-tugas dilapangan, maka  Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar menggelar Pelatihan Bahasa Inggris dan Bahasa Bali di Ruang Praja Madya Kantor Walikota Denpasar Rabu (29/11). Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar I.B Rahoela mengatakan, tugas Humas dan Protokol adalah bagaimana membangun, memelihara kepercayaan publik serta mendukung prinsip-prinsip ketata pemerintahan yang baik guna menjalin hubungan dengan pimpinan dan kelompok masyarakat . Untuk itu semua staf harus cakap dalam berkomunikasi dan berinteraksi  baik bahasa inggris maupun bahasa Bali. ‘’Maka dari itu  pelatihan ini diikuti seluruh staf Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar, dengan mendatangkan ahli bahasa inggris yakni Direktur Excellent Engglish Course U.S Rafik,’’ ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pelatihan bahasa inggris dilaksanakan selama empat pada tanggal 29 hingga 30 nopember dan tanggal 4 hingga 5 Desember mendatang. Sedangkan pelatihan Bahasa Bali dilaksanakan pada hari Rabu 6 Desember mendatang. ‘’Meskipun Bahasa Bali merupakan bahasa ibu orang Bali, namun harus tetap dilatih kembali agar semua staf bisa mengucapkan yang baik dan benar, maka  dari itu pelatihan bahasa Bali kami juga berikan,’’ ujarnya. Selain itu guna mendukung program Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra dan Wakil Walikota I.G.N Jaya Negara yang menerapkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara di Pemerintah Kota Denpasar wajib menggunakan bahasa Bali setiap Hari Rabu, Hari Raya Purnama dan Hari Raya Tilem.

Dengan semua staf mengikuti pelatihan Bahasa Bali dan Bahasa inggris ini Rahoela berharap bisa bermanfaat untuk dirinya sendiri maupun membantunya dalam menjalankan tugasnya masing-masing, khususnya saat berkoordinasi. Sementara Kasubbag Administrasi Dokumentasi dan Penerbitan Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar I Wayan Denda mengatakan, pelatihan bahasa inggris ini sangat bagus. Karena dalam pelatihan kunci dan cara berbahasa inggris diberikan sangat simpel. Maka dapat mempermudah orang untuk belajar bahasa inggris khususnya orang yang baru belajar bahasa inggris. ‘’Untuk itu saya harapkan semua staf bisa mengikuti pelatihan ini dengan baik,’’ harapnya. (ayu)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: