Hari Lingkungan Hidup Diisi dengan Pungut Sampah Pantai Biaung

(Baliekbis.com), Serangkaian Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni diisi dengan kegiatan aksi kebersihan lingkungan oleh Pemkot Denpasar. Meski peringatan hari Lingkungan Hidup telah berlalu, namun langkah ini tetap dilakukan melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan yang pada Jumat (21/7) mengadakan acara bersih Pantai di kawasan Pantai Biaung, Desa Kesiman Kertalangu.

Kegiatan yang diikuti seluruh OPD  Pemkot Denpasar, perusahaan swasta, siswa sekolah, masyarakat serta tokoh adat setempat dihadiri langsung Wakil Walikota Denpasar, I.GN Jaya Negara didampingi Ny. Antari Jaya Negara. Tampak dalam kesempatan tersebut Jaya Negara berbaur dengan para siswa sekolah dan tokoh masyarakat memungut sampah yang dikumpulkan langsung dalam kantong sampah yang telah disiapkan.
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Siti Nurbaya Bakar melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Walikota I.GN Jaya Negara mengatakan saat ini muncul tantangan yang nyata dalam hal perlindungan lingkungan dan alam. Menata hubungan alam dan manusia bukan sekedar mengelola sumber daya alam, tapi juga dibutuhkan perlindungan signifikan. Lingkungan dan alam memiliki arti dan fungsi yang besar diantaranya sebagai fungsi regulasi  yang mengatur proses ekologis, fungsi pembawa/Carrier dari alam menyediakan ruang dan bahan untuk aktivitas manusia, fungsi produksi alam yang menyediakan berbagai sumber daya, fungsi informasi dimana alam berkontribusi kepada manusia memberi berbagi pengalaman estetika. Jaya Negara juga menambahkan ditetapkan tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2017 yaitu “Connecting People To Nature” atau “Menyatu Dengan Alam” dimana pemilihan tema ini mengajak kita menghargai pentingnya keselarasan antara manusia dengan alam. Upaya perlindungan ligkungan kita bukan hanya mengelola dalam arti eksploitasi, tetapi harus proporsional dengan konsep berkelanjutan.
Sementara Perbekel Desa Kesiman Kertalangu, Made Suena mengatakan kegiatan bersih pantai Biaung, Denpasar ini dilaksanakan serangkaian Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang juga berkaitan dengan program Jumpa Berlian (Jumat Pagi Bersih Lingkungan). “Di Pantai Biaung saat ini difokuskan pengolahan dan penanganan sampah kiriman dikarenakan wilayah Pantai Biaung merupakan muara dari Sungai Ayung yang menerima kiriman sampah dari daerah lain. Tentu kami harapkan kegiatan ini dapat berkelanjutan karena dapat difokuskan menangani sampah kiriman di Pantai Biaung, berbeda dengan Jumpa Berlian yang lokasinya sering berpindah- pindah” ujarnya.
Salah satu peserta bersih pantai, indra dari SDN 17 Kesiman mengatakan sangat senang dapat terlibat dalam kegiatan ini. “Tentu kegaiata ini menambah banyak wawasan saya dan sikap menjaga lingkungan ini juga akan saya terapkan dirumah” katanya. Dalam kesempatan itu, Wakil Walikota Denpasar, I.GN Jaya Negara juga turut meninjau wilayah Pantai Biaung, salah satunya pemanfaat kayu- kayu bekas sebagai fasilitas bermain anak- anak.(SUS)

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.