Hari Kesetiakawanan, Periksa Kesehatan Gratis

Hari Kesetiakawanan, Periksa Kesehatan Gratis

(Baliekbis.com), Puncak peringatan Hari Kesetiakawanan  Sosial Nasional tahun 2018 di Kabupaten Gianyar, dipusatkan di Balai Banjar Kabetan, Bakbakan, Gianyar, Kamis (6/12) pagi. Berbagai kegiatan sosial dilaksanakan mulai dari pemeriksaan kesehatan  gratis hingga bantuan sembako.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gianyar, I Made Watha disela-sela kegiatan  menyampaikan, berbagai kegiatan sosial dilaksanakan  pada puncak acara yang juga dirangkai dengan Hari Juang Kartika dan Hari Disabilitas Internasional tahun 2018 diantaranya, pemeriksaan  kesehatan mata, operasi katarak, pemberian kaca mata  gratis, donor darah, pasar murah, bantuan kursi roda, sembako, bantuan perlengkapan alat tulis sekolah bagi siswa/siswi berprestasi, penghargaan kepada Karang Taruna berprestasi,  penghargaan kepada yayasan yang telah berpartisipasi aktif, dan gotong royong kebersihan lingkungan.

“Kegiatan sosial  sebelumnya sudah dilaksanakan sejak bulan Nopember 2018 lalu di berbagai tempat dan puncaknya dipusatkan di  Desa Bakbakan,” terang Made Watha. Berbagai komponen masyarakat dan instansi terkait terlibat, seperti TNI /Polri, pegawai Pemkab Gianyar, Yayasan Bali Sari, Yayasan JFF,pramuka, FKPPI. PKH, TAGANA, aparat desa, lembaga desa dan masyarakat setempat.

Asisten I Setda Kabupaten Gianyar I Wayan Suardana mewakili Bupati Gianyar  dalam kesempatan itu mengatakan. peringatan  Hari Kesetiakawanan Sosial di Kabupaten Gianyar hendaknya menjadi  momentum untuk memaknai dan menerapkan arti kesetiakawanan dengan berkaca melalui perjalanan sejarah perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan. “Semua kegiatan sosial yang telah dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap saudara-saudara kita yang membutuhkan,” papar Wayan Suardana.

Peringatan ini juga, imbuh Wayan Suardana, akan memberikan motivasi kepada seluruh masyarakat  baik secara individu, kelompok, organisasi /lembaga , bersama-sama dengan pemerintah mengatasi berbagai permasalahan sosial khususnya penanganan kemiskinan. Hasil pantauan, ratusan masyarakat Desa Bakbakan dan sekitar  sejak pukul 07.00 wita sudah berdatangan ke Balai Banjar Kabetan untuk memeriksakan kesehatan. Ada yang memeriksakan mata, bahkan operasi katarak di tempat. Tercatat hingga siang hari sudah ada 12 orang sudah mendaftarkan diri untuk operasi katarak. Tidak ketinggalan juga puluhan masyarakat bersama aparat TNI dan Polri menyumbangkan darah mereka untuk didonorkan bagi yang membutuhkan. (hms)