Hari Ke-4 ICNT: Gelar Workshop, Pelepasan Burung dan Penanaman Pohon

(Baliekbis.com), Memasuki hari keempat, Kamis (14/9),  pelaksanaan ICNT ke-17 di Gianyar digelar workshop tentang perubahan iklim dan lingkungan serta pelepasan ratusan ekor burung berbagai jenis di kawasan Kebun Raya Gianyar yang berlokasi di Payangan.

Selain itu 200 peserta ICNT (International Conference National Trusts) dari 31 negara itu juga melakukan penanaman aneka pohon untuk upacara termasuk pohon Manggis yang menjadi maskot Kabupaten Gianyar di kawasan yang sebagian besar merupakan hutan yang selama ini dikelola Desa Pakraman Pilan dan Silpran. “Kegiatan di Kebun Raya Gianyar ini sangat luar biasa, ternyata masih ada hutan asli, hutan alami yang tetap dijaga, dirawat keasriannya dan diperluas oleh pemerintah Kabupaten Gianyar,” ujar Chairman BPPI Hasyim Djojohadikusumo usai melakukan penanaman pohon bersama seluruh delegasi di kawasan kebun raya tersebut. Hashim juga sempat meninjau ke dalam hutan yang luas seluruhnya sekitar 50 hektar yang memiliki vegetasi berumur ratusan tahun itu.

Selain memuji kepedulian Pemkab Gianyar dalam melestarikan lingkungan, Hashim juga mengatakan sepak terjang Pemkab Gianyar itu murni dan bisa dijadikan contoh oleh pemkab/kota lainnya di Indonesia dalam upaya melestarikan lingkungan serta warisan budaya dan pusaka nenek moyang. “BPPI sebagai LSM memang tak bisa membantu dana. Tapi kita mendukung secara moril apa yang dilakukan pemerintah Kabupaten Gianyar,” ujar Hashim. Pihaknya juga mengimbau komunitas pelestari dan pecinta alam dan satwa agar berpartisipasi ikut ambil bagian dalam kegiatan seperti ini,” imbuhnya. Selain melakukan kegiatan lapangan berupa penanaman pohon dan melihat langsung kondisi kebun raya yang sebagaian besar merupakan hutan beraneka pohon kayu itu, peserta delegasi dari lima benua yakni Amerika, Afrika, Australia, Eropa dan Asia itu juga melakukan diskusi di lokasi tersebut. Tampak peserta begitu antusias melakukan seluruh rangkaian kegiatan termasuk diskusi di ruang terbuka tepi hutan. Dalam kegiatan tersebut juga hadir Wakil Bupati Gianyar Made Mahayastra dan panitia dari BPPI Catrini Kubontubuh. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: