“Hanoman Kecangkik” Siap Tampil di PKB

(Baliekbis.com), Janger kedaton sumerta dalam ajang PKB Ke-41 tahun 2019 siap menampilkan garapan seni pergaulan anak muda ini. Persiapan  penampilan telah dilakukan tim kesenian Janger Banjar Kedaton Sumerta, Kecamatan Denpasar Timur. Pada kamis malam (4/4) duta seni Denpasar ini mendapat pembinaan dari tim provinsi Bali. Kehadiran tim pembina disambut Wakil Walikota I GN Jaya Negara, Ketua DPRD Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Ketua Dharma Wanita Persatuan Denpasar Ny. Kerti Rai Iswara, dan Kadis Kebudayaan Denpasar, I Gusti Ngurah Bagus Mataram. Dalam kesempatan tersebut tampak juga diramaikan tokoh masyarakat banjar setempat dan juga beberapa seniman Denpasar.

Dalam pembinaan yang berlangsug kurang lebih selama tiga jam tersebut, Sekaa Janger Kedaton menampilkan tarian khas Janger Kedaton. Tabuhan apik mengiringi lemuh gemulai penari cowok dan cewek yang identik dengan tarian pergaulan anak muda ini.

Wakil Walikota I GN Jaya Negara memberikan apresiasi kepada Sekaa Janger Banjar Kedaton dengan keterlibatan seluruh generasi muda setempat dalam pementasan janger pada ajang PKB Tahun ini. Terlebih Janger Kedaton sebagai salah satu warisan budaya di Kota Denpasar dengan keberadaan Janger Kedaton ini sudah ada sejak tahun 1906 serta sampai saat ini masih tetap lestari dan tentunya kita jaga bersama baik dalam pembinaan dan ruang berkreasi bagi generasi muda.  “Pementasan yang baik dan rapi sudah ditampilkan Janger Kedaton, selamat dan sukses dalam pagelaran nanti,”harap Jaya Negara.

Kadis Kebudayaan Denpasar, I Gusti Ngurah Bagus Mataram mengatakan persipan telah dilakukan sejak bulan Januari lalu oleh sekaa Janger Kedaton. Dari garapan tetabuhan dan lampan atau cerita yang akan diangkat nantinya juga ditampilkan secara detail dihadapan tim pembina PKB dari Provinsi Bali. “Rencana Janger Kedaton akan tampil pada tanggal 23 junimendatang di panggung Ksirarnawa, Taman Budaya Art Centre,”ujarnya.

Sementara koordinator Janger Kedaton Made sudiatmika mengatakan pada penampilan nanti di ajang PKB akan menampilkan Janger Melampan, dengan mengangkat cerita “Hanoman Kecangkik”. Menurutnya Janger Kedaton sebagai Janger Sesungsungan krama Banjar Kedaton sejak Tahun 1906 sampai sekarang. Beberapa kali sudah diberikan kesempatan tampil dalam  ajang PKB. “Tahun 2019 ini Janger Kedaton kembali tampil, serta kami mengucapkan terima kasih kepada tim kesenian Denpasar, Dinas Kebudayaan Denpasar serta tim pembina Provinsi Bali yang telah memebrikan pembinaan,” ujarnya sembari mengatakan  pihaknya melibatkan 25 orang penabuh, dan 32 orang penari yang secara keseluruhan melibatkan generasi muda Banjar Kedaton. (pur)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: