Gus Adhi: Jangan Lupakan Jasa Seniman

(Baliekbis.com), Nasib seniman seringkali tak ada yang memperhatikan. Padahal jasa seniman sangat besar baik dalam melestarikan seni dan budaya Bali juga perannya dalam ikut mempromosikan Bali ke berbagai daerah dan belahan dunia. “Saya sangat prihatin melihat nasib seniman seperti tak ada yang peduli. Banyak seniman setelah tua seolah terabaikan dan kondisinya menyedihkan. Jadi ke depan pemerintah harus lebih banyak lagi memberikan perhatian terhadap kehidupan seniman dan karya-karyanya,” ujar Anggota DPR-RI AAB Adhi Mahendra Putra saat menerima sejumlah seniman dari Sanggar Arya Mahardika di Amatra Rumah Aspirasiku di Jalan Raya Canggu 88 Kerobokan, Jumat (17/11) malam.

Kadek Ayu Handayani (Ayu Carmen).

Untuk itu Gus Adhi, kerap ia disapa berharap pemerintah khususnya lebih meningkatkan dukungannya kepada seniman. Apalagi seniman bukan semata pentas namun juga ikut mempromosikan Bali serta melestarikan kesenian itu sendiri. Gus Adhi mengingatkan pariwisata Bali bisa berkembang seperti sekarang tidak terlepas dari kekayaan seni dan budayanya. “Kalau tak ada seniman jelas kesenian tak bisa berkembang seperti sekarang,” ujarnya tokoh SOKSI Bali ini seraya berharap kegiatan seniman bisa lebih diperbanyak lagi melalui pentas. “Dulu seniman sering pentas di hotel, sekarang sudah jarang. Ke depan ini harus dibangkitkan kembali dengan format yang lebih baik sehingga bukan saja bisa memberikan pendapatan bagi seniman juga pelestarian seni itu sendiri,” tegasnya.

Rombongan Sanggar Arya Mahardika yang dipimpin Kadek Ayu Handayani (Ayu Carmen) didampingi Ketut Lanus dan Putu Gede Suastika datang menemui Gus Adhi selain melaporkan akan menghadiri undangan pentas di Belgraden Serbia juga sekaligus mohon dukungan. Pasalnya sebagaimana disampaikan Ayu Carmen jelang keberangkatannya tanggal 22 November ini bersama 11 anggota rombongan, pihaknya masih kekurangan dana. “Kami sudah menghadap ke beberapa kabupaten/kota, baru Denpasar saja yang memberikan dukungan,” jelas penyanyi yang kerap membawakan lagu “Sanur” dan “Kaden Saja” ini. Mereka akan berada di Serbia hingga 26 November nanti. Sanggar Arya Mahardika kerap tampil di luar negeri membawakan seni suara, musik Bali dan kendang. Kali ini sanggar ini diundang untuk pentas oleh International Federation Music and Dance Belgraden Serbia. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: