Gus Adhi: Jangan Bodohi Rakyat dengan Polling Abal-Abal

(Baliekbis.com), Ketua Koalisi Rakyat Bali (KRB) Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra menyayangkan adanya publikasi survey abal-abal mengenai elektabilitas pilgub Bali. Hasil polling yang disebut-sebut dilakukan sejumlah media menurutnya minim pertanggung jawaban ilmiah serta merugikan pasangan calon Gubernur Bali nomor urut dua Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra-Ketut Sudikerta (Mantra-Kerta).

Polling sejumlah media online tersebut menempatkan Mantra-Kerta pada posisi sangat kecil dari sisi elektabilitas usai debat kandidat terbuka antara dua paslon. Padahal menurut anggota DPR RI yang akrab disapa Gus Adhi tersebut dalam debat sesi perdana Mantra-Kerta unggul jauh. Baik dari sisi penyampaian visi dan misi, performa saat debat maupun ketenangan menghadapi pertanyaan lawan.

“Janganlah rakyat dibodohi dengan polling abal-abal yang tidak jelas metodelogi dan lembaganya,” kata Gus Adhi, Selasa (1/5/) di Kerobokan. Adanya publikasi polling tanpa metodelogi yang jelas tentu sangat tidak sehat bagi pendidikan politik.

“Selain Mantra-Kerta, publiklah yang paling dirugikan dengan adanya berita bohong atau hoax tentang polling abal-abal tersebut,” kata Gus Adhi. Dia berharap hal ini tidak terjadi lagi. Jika terus ada hoax seperti itu maka akan menimbulkan “kekacauan”.

Opini publik digiring untuk percaya pada data-data yang tak berdasar. “Semua juga tahu, kalau mengacu pada debat perdana, Mantra-Kerta yang paling tepat memimpin Bali. Kan tidak ada yang ditutupi, seluruh masyarakat Bali menyaksikan secara langsung di layar televisi,” kata Gus Adhi. Gus Adhi yakin pengetahuan masyararakat sudah semakin meningkat sehingga tidak akan percaya begitu saja pada hal-hal yang tidak jelas kebenarannya. (nwm)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: