Gregorius Dende: Impiannya Jadi Petinju Hebat Terkabul

(Baliekbis.com), Keinginan Gregorius Gheda Dende menjadi petinju profesional akhirnya terwujud. Pria kelahiran Sumba Barat 7 April 1993 yang mengawali karir menjadi petinju profesional pada saat kuliah di Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) IKIP PGRI Bali. Ketika itu ia ikut membela Bali untuk mengikuti Kejuaraan Tinju Gubernur Cup (KTGC) di Lombok Timur tahun 2013. ”Pada saat itu saya berhasil membawa pulang medali perunggu buat Bali,” kata Gregorius, Minggu (23/7/2017). Setelah berakhirnya KTGC di Lombok Timur tidak berselang lama, ia dipangil pelatih tinju Bali untuk kembali dilatih. Panggilan itu membuatnya tambah bersemangat untuk mengejar impiannya menjadi seorang petinju profesional. “Pada saat bergabung di pusat pelatihan tinju milik Adi Swandana yang juga pelatih tinju PON Bali, saya  senantiasa rutin berlatih, baik fisik hingga latihan pukulan,” ucapnya.

Dan jerih payah serta kerja kerasnya akhirnya membuahkan hasil. Sebab pada tahun 2015, ia berhasil membawa pulang medali emas di Porprov Bali di Singaraja dan membawa pulang medali perak pada saat Prapon di NTT. Setelah itu, pada tahun 2016 ketika helatan PON di Jawa Barat, Gregorius kembali membawa pulang medali perunggu. “Kemudian pada Kejuaran Tinju di Bogor tahun 2017 saya membawa pulang medali emas dan juga mendapatkan sarung tinju emas,” terangnya.

Menurunya, menjadi seorang petinju profesional sesuai keinginan tidaklah mudah semudah membalikan telapak tangan, dan butuh ketekunan dalam berlatih. Kesuksesan yang diraih hingga saat ini tidak terlepas dari latihan yang diberikan oleh pelatihnya, Adi Swandana. “Sejatinya keinginan utama menjadi seorang petinju profesional adalah bisa membela daerah dan bisa mengharumkan nama daerah,” imbuhnya. Pada PON XX di Papua 2020 dipastikan ia akan kembali bisa membela Bali dan berharap bisa membawa pulang medali emas. “Selain bisa menjadi seorang petinju profesional tentu tujuan utama bisa lulus dari IKIP PGRI Bali dan langsung bisa bekerja,” tambahnya.(sus)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: