Grand Opening Restoran Ganesha di Sanur, Sajikan Makanan India dan Vegetarian

(Baliekbis.com), Ganesha ek Sanskriti, restoran khas makanan India kini hadir di kawasan padat wisatawan, Sanur setelah sebelumnya buka di Kuta dan Ubud Gianyar. “Ini restoran kami ke tiga di Bali dan yang keenam di Indonesia setelah Jakarta, Kemang dan Jogjakarta,” ungkap Shilva Dave, owner Ganesha saat grand opening, Minggu (2/9) malam di Sanur.

Dalam Grand opening yang berlangsung meriah  itu, Shilva didampingi suami Shiv Kumar Dave, kerabat dan ratusan tamu yang memenuhi Restoran Ganesha yang terletak di Jalan Danau Tamblingan 218 Sanur. Para tamu selain menikmati beragam makanan India juga disuguhkan tarian.

Shilva mengatakan bisnis restoran dimulainya tahun 2003 di Jakarta. Setelah itu berkembang ke sejumlah daerah termasuk di Bali. “Ganesha bagi kami berarti kesejahteraan atau kemakmuran tentang apapun yang kita lakukan. Di saat kita memulai apapun kita selalu berdoa ke Dewa Ganesha,” jelas Shilva. 

Itulah sebabnya mengapa ia menamakan restoran ini Ganesha. “Kami ingin orang-orang Indonesia menikmati makanan India dan merasakam keramahan tradisional yang kami berikan ke tamu kami. Jadi kami memiliki chef dari India dan kami mengikuti resep tradisional langsung dari India,” tambahnya. 

Dijelaskan Shilva, setiap outlet memiliki chef langsung dari India sehingga tidak merubah resep aslinya. Di setiap restoran mempunyai resep dan menu yang sama. Pihaknya juga melayani banyak pesta dan juga pernikahan. Untuk pesta pernikahan, Ganesha memiliki lebih banyak menu makanan. 

Untuk membuat restoran menurutnya tidak hanya perlu makanan yang enak tapi juga banyak hal lainnya seperti  menambahkan patung-patung yang mencirikan India. Menu di semua restoran juga sama karena semua chef dilatih untuk membuat menu dan rasa yang sama. 

“Jadi chef kami juga melatih chef Indonesia untuk membuat jenis makanan yang sama. Kita juga saling mendukung satu sama lain antara outlet Jakarta maupun Bali,” tambahnya. Pihaknya  berkomitmen selalu ingin tamu merasa dilayani dengan hangat dan baik. 

“Kita punya menu vegetarian dan non vegetarian, dan jika ada kostumer yang ingin makan makanan yoga, chef kita juga menyediakan itu,” jelasnya.  Menurut Shiva, makanan yang paling disukai di Ganesha adalah Lamb Curry (kari domba), butter chicken, dan vegetarian. Untuk harga sangat terjangkau yakni hanya Rp 60 ribu untuk satu menu dan bisa dimakan 2 orang. 

Dan untuk di Sanur pihaknya juga  berencana  menyediakan buffee. Restoran ini rencananya juga akan dilengkapi rooftop. “Kita akan menyediakan tarian legong setiap hari dan mencoba untuk mengkombinasi antara budaya Bali dan India,” jelasnya.

Di Ganesha yang menyediakan sekitar 200 kursi, diharapkan setiap harinya setidaknya 200 orang yang datang. Shilva mengatakan banyak traveller dari berbagai negara yang berkunjung terutama India, tapi ia fokus kepada tamu Indonesia untuk datang dan mencoba makanan di Ganesha. 

“Kita buka restoran di Indonesia jadi harus ada orang Indonesia. Saya adalah seorang nutritionist jadi selalu mementingkan standar kesehatan dan higienitas atas makanan kami. Jadi semua makanan kami berkualitas tinggi,” tuturnya.

Sejumlah menu yang disajikan Restoran Ganesha yakni di live counter ada Papdi Chat dan Pani Poori. Untuk appetizer ada Cocktail Samosa, Haryali Kebab, Amritsari Fish dan Chicken Tikka. Sedangkan main course tersedia Paneer Lababdar, Aloo Gobi Adraki, Sarson ka Saag with Makai ki Roti, Dal makhni dan Butter Chicken. Untuk rice ada Subz Pulao. Di restoran Ganesha juga tersedia Breads yakni Naan/Butter Naan.  Side Dishes tersedia Achar, Salad, Chutney dan Raitha. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: