Generasi Muda Sambut Meriah Lomba Ogoh-ogoh Miniatur “IGW”

(Baliekbis.com), Lomba Ogoh-ogoh Miniatur yang digelar tokoh muda seni I Gede Westra yang akrab disapa IGW, Kamis (15/3) di Balai Banjar Pekambingan, Dauh Puri Denpasar Barat berlangsung meriah yang ditandai dengan pemukulan gong. Selain diikuti puluhan peserta juga banyak dari mereka dari kalangan muda bahkan anak-anak juga ikut menampilkan kreasinya.

I Gede Westra (IGW)

“Ini sangat membanggakan dimana generasi muda sejak dini sudah peduli dengan seni budayanya yang salah satunya diterjemahkan dalam kreasi ogoh-ogoh ini,” jelas IGW yang tampak sangat antusias dalam menggelar lomba yang baru pertama kali ini dilaksanakan. Dikatakan IGW ia menggelar lomba Ogoh Ogoh ini selain dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi juga yang tak kalah penting dalam upaya melestarikan seni, budaya dan adat Bali. Sebab Ogoh Ogoh ini sangat terkait erat dengan kegiatan adat dan budaya umat Hindu di Bali.

“Jadi bukan seni semata yang ditonjolkan dan yang juga sangat penting adalah tampilnya generasi muda berperan aktif dalam lomba ini,” tambah pengusaha pariwisata yang dikenal sangat peduli dengan hal-hal sosial kemasyarakatan. Sebagaimana diketahui IGW banyak terjun dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan seperti peduli korban erupsi Gunung Agung juga menggelar event kejuaraan tenis meja yang pesertanya bukan saja dari Bali juga Jatim hingga NTT dalam rangka memajukan olah raga di Bali.

Hal senada disampaikan Ketua Prajuru Banjar Pekambingan I Made Bawa Antaranya dan Kepala Lingkungan Banjar Pekambingan Wayan Parjiwa yang sangat mendukung apa yang dilakukan IGW baik dari sisi pelestarian seni budaya dan adat juga kepedulian bagi generasi muda. “Langkah IGW ini sangat positif dalam menjalin tali keakraban antar generasi muda dan membangun karya karya inovatif yang positif,” ujar Bawa. Lomba yang berlangsung sehari ini diikuti 27 peserta baik dari warga Banjar Pekambingan juga lingkungan sekitarnya. Menurut Panitia lomba melibatkan tokoh- tokoh seni dalam penilaian lomba yang menyediakan hadiah uang pembinaan serta piala ini. Dari pemantauan Ogoh Ogoh miniatur yang ikut lomba ada dari berbagai kreasi bentuk dan dengan ukuran terkecil setinggi sekitar 50 cm. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: