Gema Bahasa dan Satra 2017, Bentuk Kepribadian Bangsa

(Baliekbis.com), Untuk mewadahi pengembangan minat generasi muda pada berbagai kegiatan kebahasaan dan kesastraan, Balai Bahasa Bali, Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan aktif menggelar berbagai kegiatan, salah satunya gelaran “ Gema Bahasa dan Sastra se-Bali ”.  Seluruh kegiatan yang menyasar siswa SMP/MTs, SMA/SMK/MA, serta masyarakat umum diselenggarakan baru-baru ini. Kepala Balai Bahasa Bali Drs, I Wayan Tama, M.Hum mengatakan penyelenggaraan lomba merupakan bagian dari pembentukan kepribadian bangsa di tengah derasnya arus informasi. Tuntutan pembentukan pribadi tidak semata-mata bertumpu pada aspek intelegensia, tapi juga segi moral dan emosi. Tahun ini yang merupakan penyelenggaraan kegiatan Gema Bahasa Dan Sastra untuk kedelapan kalinya, antusias siswa dan masyarakat umum untuk mengikuti berbagai lomba meningkat cukup tajam.” Peningkatan jumlah peserta diharapkan mendorong peningkatan kompetensi dan apresiasi masyarakat terhadap bahasa dan sastra Indonesia dan daerah, khususnya bahasa dan sastra Bali,” ujar I Wayan Tama.
Berbagai lomba yang digelar yakni Lomba Membaca Puisi Tingkat SMP/MTs se-Bali diikuti 49 peserta, Lomba Menulis Lontar Tingkat SMP se-Bali diikuti 41 peserta, Lomba Membaca Aksara Bali Tingkat SMP se-Bali diikuti 46 peserta, Lomba Musikalisasi Puisi Tingkat SMA/SMK/MA se-Bali diikuti 24 Komunitas Teater, serta Lomba Musikalisasi Puisi Kategori Umum se-Bali yang diikuti 15 Komunitas Teater. Kemudian, setelah melalui penilaian dewan juri akhirnya diputuskan Lomba Membaca Puisi Tingkat SMP/MTs se-Bali dijuarai oleh Ni Kadek Dita Cahya Dewi dari SMPN 3 Denpasar, disusul juara kedua dan ketiga siswi  SMPN 8 Denpasar  atas nama Ni Luh Made Ayu Rai Martini dan Ni Luh Putu Rajini Putri.  Lomba Menulis Lontar Tingkat SMP se-Bali, tiga besar terbaik diraih oleh I Kadek Candra Parmana Wiguna (SMPN 1 Kuta Selatan), Ni Made Dwi Cahyani (SMPN 1 Sukawati), dan Ni Kadek Cintyasih (SMPN 1 Kuta Selatan). Lomba Membaca Aksara Bali Tingkat SMP se-Bali juara diraih oleh Putu Ayu Chumani (SMPN 3 Denpasar), I Komang Nara Dhananjaya (SMPN 7 Denpasar), dan Putu Airlia Ivana (SMPN 5 Denpasar).
Sementara itu ditambahkan, untuk lomba Musikalisasi Puisi Kategori Umum se-Bali juara satu hingga tiga menjadi milik grup/komunitas teater Halaman Depan asal Negara, disusul Teater Orok, dan Yapendra 2.” Grup Yapendra (SLB Dria Raba) yang menjuarai Lomba Musikalisasi Puisi Tingkat SMA/SMK/MA se-Bali, selanjutnya dipersiapkan mewakili Bali pada lomba Musikalisasi Puisi di tingkat nasional,” ungkap I Wayan Tama. Khusus untuk Sayembara Penulisan Naskah Cerita Untuk Bahan Literasi Jenjang Pendidikan Dasar se-Bali  dimenangkan oleh I Gede Aries Pidrawan dengan judul cerita “Bidadari Telaga Emas”. (sus)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: