Gathering UGM dan Ratusan Mitra Pemberi Beasiswa

(Baliekbis.com), Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar gathering dengan 150 mitra pemberi beasiswa dan bantuan kegiatan kemahasiswaan, Jum’at (10/8) di Balai Senat UGM. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi terhadap para mitra yang telah memberikan beasiswa maupun bantuan untuk kegiatan mahasiswa UGM. Dalam kesempatan tersebut turut dipaparkan prestasi yang telah dicapai mahasiswa UGM baik level nasional maupun internasional. Selain itu juga tentang gambaran kondisi mahasiswa UGM yang masih banyak membutuhkan bantuan beasiswa. Saat ini UGM mengelola dana beasiswa sebesar Rp. 272,3 Miliyar  yang  berasal dari 112 mitra. Dana beasiswa tersebut telah diberikan kepada 12.271 mahasiswa UGM. Meskipun begitu, jumlah tersebut belum mampu mencukupi kebutuhan pemberian beasiswa bagi seluruh mahasiswa UGM yang membutuhkan. Terlebih dengan kondisi saat ini sebanyak 25 persen mahasiswa UGM berasal dari keluarga kurang mampu yang masih membutuhkan bantuan untuk mendorong kelancaran studi.

“Sebanyak 25 persen mahasiswa UGM ini dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi sehingga butuh bantuan baik dari internal maupun eksternal UGM,” kata Wakil Rektor Bidang  Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan (PPK) UGM Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr., saat menyampaikan sambutannya. Djagal menyebutkan peran mitra pemberi beasiswa menjadi sangat penting dalam mendorong kelancaran studi mahasiswa UGM dan meraih prestasi. “Kontribusi mitra sangat luar biasa melalui pemberian beasiswa. Karenanya UGM sangat berterima kasih pada seluruh mitra yang telah berpartisipasi bekerjasama dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa,” paparnya. Asisten Direktur Bank Indonesia Perwakilan Kantor DIY Probo Sukesi, selaku perwakilan pemberi beasiswa menyampaikan bahwa Bank Indonesia memiliki tanggung jawab dalam upaya memajukan dunia pendidikan nasional. Program pemberian beasiswa bagi mahasiswa di Indonesia merupakan salah satu kontribusi yang dilakukan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Pemberian beasiswa ini merupakan wujud kepekaan dan kepedulian BI terhadap pendidikan nasional untuk meningkatkan kualitas generasi muda penerus bangsa,” katanya. Sementara Pengurus Pusat PP Kagama Deny Purwo Sambodo mengatakan sejak berdirinya, Kagama telah memiliki komitmen untuk berkontribusi kepada almamater. Salah satunya adalah dengan pemberian beasiswa pendidikan dan bantuan kegiatan mahasiswa. “Para alumni yang tergabung dalam Kagama berkomitmen untuk berkontribusi secara nyata pada almamater antara lain dengan memberikan beasiswa bagi mahasiswa UGM,” tuturnya. Melalui beasiswa pendidikan dan bantuan untuk pelaksanaan kegiatan mahasiswa, kata dia, diharapkan dapat mendukung proses pembelajaran mahasiswa dan pelaksanaan kegiatan yang dilakukan mahasiswa UGM. (ika)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: