Gaet Insan Muda, Pemilihan Duta Endek Kembali Digelar

(Baliekbis.com), Mempopulerkan endek terus dilakukan Pemkot Denpasar dibawah Dinas Perindustrian dan Perdagangan dengan binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Denpasar. Merambah insan muda menjadi target mempopulerkan endek untuk dapat tetap dicintai, dipakai, dan dibanggakan lewat kegiatan pemilihan Duta Endek Kota Denpasar 2017 yang kembali digelar dalam melestarikan dan bangga menggunakan kain endek sebagai gaya hidup.
“Pemilihan duta endek kembali kita gelar tahun ini pada bulan Oktober 2017 mendatang yang telah melakukan sosialisasi menyasar anak-anak muda Denpasar,” ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar Wayan Gatra, Kamis (25/5) di Denpasar. Lebih lanjut dikatakan kegiatan sama dengan tahun-tahun sebelumnya memilih puluhan para finalis duta endek dengan melibatkan tiga orang juri yang berkompeten dibidangnya dengan tema “Endek is True quality’’. Disamping itu, tahun ini kegiatan juga akan diisi dengan empat bidang lomba meliputi kewirausahaan bagi siswa SMP, SMA/SMK, fashion show, lomba Photography, serta lomba mewarnai bagi siswa TK dan SD. Menurut Wayan Gatra seleksi peserta duta endek dilakukan lewat tes tulis dan tes interview yang setiap tahunnya diikuti ratusan orang peserta dari kalangan siswa sekolah hingga mahasiswa. Kegiatan ini sebagai upaya Pemkot Denpasar dalam mensosialisasikan produksi dalam negeri dengan motto “Endek Kita Punya, Kita Pakai, Kita Bangga”. Disamping itu menumbuhkan rasa cinta dan kebanggan di kalangan remaja terhadap endek, serta memberikan kesempatan generasi muda untuk lebih mengenal endek melalui Duta Endek Kota Denpasar. Kegiatan akan menetapkan Duta Endek putra dan putri memperebutkan penghargaan Juara I, II dan III, serta mengikuti pembekalan dari Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. I.A Selly Dharmawijaya Mantra. Kegiatan juga akan melaksanakan visiting trip ke perajin endek yang ada di Kota Denpasar. Ia juga menjelaskan beberapa kegiatan untuk mensosialisasikan endek dikalangan generasi muda telah dilakukan bersama-sama ketua Dekranasda Kota Denpasar menyasar sekolah-sekolah. Disamping itu kegiatan tahun-tahun sebelumnya para duta endek juga kita libatkan dalam perlombaan fashion di tingkat Nasional yang berhasil meraih juara I, serta melakukan berbagai kegiatan sosialisasi endek pada ajang Festival di Kota Denpasar. “Kami harapkan para pemenang duta endek nantinya mampu memberikan yang terbaik untuk kemajuan dan peningkatan inovasi produk lokal di Kota Denpasar melalui kegiatan-kegiatan yang menyasar kalangan anak muda,” ujar Gatra sembari mengatakan informasi pemilihan duta endek serta berbagai lomba dapat membuka media sosial duta endek Denpasar serta datang langsung ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar.
Sementara Ketua Dekranasda Denpasar, Ny. I.A Selly Dharmawijaya Mantra mengatakan pelaksanaan lomba ini sangat penting bagi pelestarian penggunaan busana endek. “Endek bukanlah Busana yang “Old Fashion” tapi bisa juga diaplikasikan kedalam busana sehari- hari yang trendi dan khas anak muda. Mudah- mudahan ini akan membuat Busana Endek semakin dikenal dan dicintai oleh masyarakat terutama generasi muda di Kota Denpasar,” ujar Ny. I.A Selly Dharmawijaya Mantra sembari mengatakan sebagai generasi muda harus bangga memakai endek. (pur)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: