FT UNR Gelar Seminar “Menggugah Semangat Penelitian Dosen dan Mahasiswa”

(Baliekbis.com), Fakultas Teknik (FT) Universitas Ngurah Rai (UNR) Denpasar, Jumat (10/5) mengadakan seminar akademik dari hasil penelitian dosen sekaligus sosialisasi PP No. 25/2019 tentang Keinsinyuran di Auditorium UNR Denpasar.

Acara seminar akademik diikuti 197 orang mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Teknik Sipil dan Prodi Teknik Arsitektur serta didukung oleh 24 orang dosen dari kedua Prodi.

Dekan FT UNR, Ir. I Gusti Made Sudika, MT, Selasa (14/5) mengatakan seminar akademik hasil penelitian dosen tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun untuk menggugah semangat mahasiswa dan dosen dalam melakukan penelitian sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Khusus untuk tahun 2019 ini, menjadi sangat spesial karena bertepatan dengan Dies Natalis XL dan Lustrum VIII UNR yang jatuh pada tanggal 23 Mei 2019 mendatang,” terangnya.

Gusti Made Sudika menjelaskan, para pembicara di seminar akademik adalah dosen-dosen yang terpilih melalui seleksi sebelumnya. Seleksi yang dimaksud terutama mengenai kesiapan judul dan isi karya ilmiahnya. Dengan pengutamaan judul yang memiliki nilai kebaruan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi masing-masing.

“Sehingga terpilihlah 1 orang dosen di setiap Prodi yaitu I Made Kariyana, ST., MT dari Prodi Teknik Sipil dan Ayu Putu Utari Parthami Lestari, ST., MT dari Prodi Teknik Arsitektur,” jelasnya.

Gusti Made Sudika juga menyampaikan seminar akademik ini harus menjadi batu lompatan bagi insan akademis di FT UNR untuk lebih percaya diri dalam mempublikasikan hasil penelitiannya di kancah yang lebih luas lagi.

“Pada acara seminar akademik FT UNR juga dirangkaikan dengan sosialisasi tentang Peraturan Pemerintah (PP) mengenai gelar profesi insinyur yang dapat ditempuh secara formal setelah lulus sebagai Sarjana Teknik (ST),” imbuhnya.

Rektor UNR Dr. Drs. Nyoman Sura Adi Tanaya, M.Si menekankan bagaimana mengapresiasi kegiatan yang sudah dilakukan FT UNR dengan tidak lupa pada skala kegiatan yang diselenggarakan agar bisa meningkat di kemudian hari.

Bahkan, Rektor juga mendorong para dosen dan mahasiswa untuk terus menerus meningkatkan kualitas kemampuan akademik mereka seperti rajin melakukan penelitian, pengabdian masyarakat dan mempublikasikannya di ruang-ruang yang tersedia.

“Selain tetap melakukan perkuliahan di kampus, Rektor juga mengingatkan agar mahasiswa teknik dapat lulus tepat waktu sehingga dapat langsung membangun di masyarakat. Karena lulusan FT UNR sudah terkenal memiliki kemampuan yang yang baik dan siap bekerja,” pungkasnya.

Narasumber I Made Kariyana, ST., MT mempresentasikan hasil penelitiannya mengenai Desain Lahan Parkir di Desa Kaba-Kaba Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan-Bali.

Sedangkan narasumber lainnya membawakan hasil penelitian mengenai Desain Arsitektur Naungan bagi Pengungsi Gunung Agung di Bali dan juga mampu mensosialisasi UU. NO. 11 / 2014 tentang Keinsinyuran.

Menurut Dekan FT UNR, kegiatan ini adalah sebagai bentuk langkah awal dalam bersinergi antara civitas akademika menuju masa depan FT UNR yang lebih baik sesuai dengan visi dan misinya. Dengan kata kunci Unggul dan Berdaya Saing. “Untuk itu saya mengajak generasi muda untuk bergabung dengan FT UNR melalui kuliah pada Prodi Teknik Sipil dan Prodi Arsitektur yang mana kedua Prodi tersebut telah terakreditasi B oleh BAN-PT,” jelasnya. (sus)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: