Fakultas Biologi UGM dan Yamagata University Perkuat Kerja Sama

(Baliekbis.com), Fakultas Biologi UGM mempererat kerja sama dengan Faculty of Science Yamagata Univeristy khususnya dalam pengembangan pendidikan dan penelitian. Hal tersebut terungkap dalam kunjungan yang dilakukan Dekan Fakultas Biologi UGM, Dr Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc., ke Fakulty of Scinece Yamagata University pada awal Maret 2019 lalu.

Dalam kesempatan tersebut Dekan Faculty of Science Yamagata University, Dr. Hidetoshi Tamate bersama Dekan Fakultas Biologi UGM membahas rencana kerja sama yang akan akan dikembangkan kembali di masa mendatang, terutama dalam bidang akademik.

“Kerja sama yang akan dilakukan antara lain terkait pertukaran mahasiswa, program dual degree bagi mahasiswa pascasarjana, serta International Summer Course Program,” jelas Budi.

Budi berharap melalui sinergi dan kerja sama tersebut nantinya dapat memberikan manfaat dalam pengembangan keilmuan bagi kedua belah pihak. Selain itu memberikan kontribusi bagi kemajuan masyarakat, bangsa, dan dunia.

Selain mendiskusikan rencana kerja sama, Budi juga diundang menjadi salah satu narasumber dalam The International Symposium on Rapid Evolutionary Change of Invertebrates, Plants, and their Interactions under Ecological Disturbance Yamagata University, Japan. Pada kesempatan itu dia menyampaikan materi terkait dinamika dan evolusi virus tumbuhan di Indonesia akibat perubahan iklim.

Simposium yang dihadiri mahasiswa program pascasarjana berbagai universitas di Jepang ini menjadi wahana dalam mengevaluasi dampak perubahan  ekologi  terhadap pola evolusi dan interaksi invertebrata dan tumbuhan. Selain Budi, simposium turut menghadirkan beberapa pakar seperti Dr. Naoyuki Fujiyama dan Dr. Jun Yokoyama dari Yamagata University, serta Dr. Sih Kahono dan Dr. Himmah Rustiami dari Indonesian Institute of Science. (ika)

Berikan Komentar