Erupsi Gunung Agung, Karangasem Bangkitkan Kembali Ekonomi Kreatif

(Baliekbis.com), Pasca erupsi Gunung Agung yang kini masih berstatus awas (level IV), Kabupaten Karangasem membangkitkan ekonomi kreatif yang banyak digeluti masyarakat setempat. Masyarakat setempat menggeluti usaha ekonomi kreatif antara kain kelompok anyaman bambu di Desa Buana Giri Kecamatan Bebandem, kelompok batok kelapa Desa Waling Kecamatan Abang, dan kelompok tenun endek di Desa Telaga Tawang Sidemen. Selain itu, kelompok usaha perak di Desa Padangkerta Kecamatan Karangasem, kelompok perasi lontar Yoana Kerta, kelompok perajin daun lontar Dwi Tunggal Munti dan kelompok perajin perak tara silver Manggis.

Di tengah kelesuan ekonomi, akibat sebagian masyarakatnya masih mengungsi karena Gunung Agung berstatus Awas, Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumantri melakukan terobosan untuk membangkitkan usaha ekonomi kreatif. Kegiatan dilakukan dengan mengadakan sosialisasi ekonomi kreatif dengan merangkul para perajin dan wirausaha untuk meningkatkan pemahaman potensi dan membentuk mental kreatif dan inovatif. “Sosialisasi tersebut merupakan hasil kerja sama antara Badan Ekonomi Kreatif dengan Pemerintah Kabupaten Karangasem yang melibatkan jajaran seluruh organisasi perangkat daerah (OPD),” ujar Kepala Bagian Ekonomi Setda Kabupaten Karangasem, I Made Susila.

Bupati Mas Sumantri mengajak seluruh pelaku ekonomi kreatif meningkatkan beraktivitas, mengingat ekonomi kreatif memiliki potensi dan peran strategis dalam meningkatkan perekonomian dan memperbaiki tingkat kesejahteraan masyarakat. Upaya tersebut diharapkan mampu menciptakan peluang kerja yang lebih luas, dengan harapan mampu mengurangi keluarga miskin dan memberdayakan masyarakat di Kabupaten Karangasem, khususnya di sentra-sentra kantong kemiskinan. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: