EM4 Untuk Jaga Kesehatan Hewan Kurban Sebelum Dipotong

(Baliekbis.com), Panitia Hewan Kurban Mesjid  Baitul Makmur Monang Maning Denpasar memanfaatkan  produk  EM4 (Effective Microorganisme) peternakan dan limbah untuk hewan kurban Idul Adha 1441 Hijriyah sebagai upaya menjaga kesehatan seluruh hewan sebelum dipotong.

“Begitu hewan kurban yang datang dari berbagai lokasi  sebanyak 52 ekor kambing dan 10 ekor sapi langsung diberikan minum EM4 peternakan yang berwarna coklat  bertujuan untuk mencegah bau tidak sedap, mengurangi lalat, serangga ternak, memperbaiki kesehatan ternak, mengurangi stres, memperbaiki mutu daging dan  memperbaiki kesuburan ternak,l kata salah seorang panitia  tersebut  Moch. Muqodimansyah di sela-sela kegiatan tersebut, Jumat.

Kegiatan serupa juga dilakukan pada pemotongan hewan qurban tahun lalu dengan cara EM ternak tersebut dilarut dalam air bersih yakni setiap 10-15 ml EM4 dicampur  dengan 10 liter air bersih  untuk minuman ternak.

Sedangkan penggunaan EM4 khusus pengolahan limbah untuk mempercepat proses pengohan limbah saat pemotongan ternak sehingga tidak menimbulkan bau yang tidak sedap, menekan perkembangan microorganisme patogen, tidak menimbulkan bau serta menurunkan kadar BOD dan COD.

EM limbah tersebut dilarutkan dalam air lalu dituangkan pada sisa limbah potongan ternak sehingga lingkugan kembali bersih dan tidak menimbulkan bau yang kurang sedap. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: