Ekspatriat di Tabanan Bantu Sembako Warga Terdampak Covid-19

(Baliekbis.com), Sejumlah ekspatriat di Tabanan yang peduli dengan warga terdampak Covid-19 menyerahkan bantuan puluhan paket sembako. Paket sembako yang terdiri dari beras, minyak goreng, telor, sayuran dan bumbu dapur itu diserahkan di Puri Anyar Kerambitan, Tabanan, Minggu (19/7/2020).

“Ini bantuan sembako yang keempat kalinya. Saya selalu melayani dan berbuat sosial di mana pun berada termasuk di Tabanan,” ujar Gil Petersil mewakili rekan-rekannya sesama ekspatriat di sela-sela acara yang dirangkai pula dengan menghadirkan pelaku UMKM dan kerajinan.

Penyerahan bantuan yang tetap mengikuti protokol kesehatan itu juga dihadiri sejumlah tokoh puri di antaranya mantan Karo Protokol Pemprov Bali AAN Silagunada, AAN Agung Bagus Erawan, Ketua Garda Puri Sejebag Tabanan (GPST) AA Ngurah Gede Puja Utama (Turah De) dan tokoh Puri Anom yang juga kandidat calon Bupati Tabanan AAN Panji Astika serta sejumlah tokoh lainnya.

Ngurah Panji dan Gil

Gil yang pernah tinggal di sejumlah negara mengaku Bali yang paling menginspirasinya, seperti keberadaan adat dan budayanya yang dinilainya telah memberi energi sangat besar. “Saya punya bisnis di berbagai negara dan akan saya bawa ke Bali. Saya ingin meningkatkan kemajuan masyarakat di daerah ini,” ujar pengusaha sukses asal Kanada yang mengaku sangat betah tinggal di Tabanan.

Gil menambahkan dirinya kerap bertemu petani dan pebisnis di Tabanan dan ingin berbagi kesuksesan. “Saya ingin masyarakat sukses sebagaimana yang telah saya lakukan di berbagai tempat,” jelasnya. Ini dibuktikannya dimana
setiap minggu ia bertemu dengan pebisnis untuk bertukar informasi dan saling mendukung.

Di sisi lain, Gil mengagumi peran tokoh puri yang telah menjaga dan melestarikan apa yang menjadi warisan budaya. Gil juga memuji sosok AAN Panji Astika yang dinilainya memiliki wawasan luas. “Ngurah Panji merupakan kombinasi ideal sosok bisnis dan politik,” ujarnya.

Dalam sambutannya Ngurah Panji menyampaikan terima kasihnya kepada ekspatriat yang telah membantu warga, khususnya mereka yang terdampak Covid-19. Menurut tokoh Puri Anom yang digadang-gadang maju dalam Pilkada Tabanan ini, ke depan selain produksi yang perlu digenjot, strategi marketing seperti digitalisasi harus menjadi perhatian.

“Jadi penting disiapkan dulu produknya, baru marketingnya sehingga bisa berjalan dengan baik,” jelas pengusaha di bidang produk lingkungan ini seraya menekankan pentingnya industri kreatif terus dikembangkan.

Sementara itu salah seorang tokoh Puri Anyar Kerambitan AAN Erawan mengatakan para ekspatriat dari sejumlah negara itu sebelumnya sempat berkeliling desa untuk melihat kehidupan ekonomi warga.

“Saat itu mereka (ekspatriat -red) merasa simpati dengan kondisi warga yang terkena dampak Covid-19 ini dan tergerak untuk membantu,” ujar Erawan. Tidak hanya membantu sembako, para ekspatriat juga siap membantu dalam pengembangan UMKM. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: