Eko Cahyono: Masa Depan di Era Revolusi Industri 4.0 Sangat Dahsyat

(Baliekbis.com), Ekonom yang juga pengamat ekonomi digital H.M. Eko Budi Cahyono, S.E.,M.M.,M.H. mengatakan masa depan di era revolusi industri 4.0 begitu dahsyat dan sangat mengagumkan. 

Akan banyak perubahan gaya hidup yang akan mengubah cara berpikir dan berperilaku manusia yang seluruh aspek kehidupannya akan  dibantu oleh mesin digital, komputer super canggih, kecerdasan buatan dan robot pintar. Eko yang juga caleg DPR RI dapil Bali nomor urut 2 dari PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) ini pun memprediksi ada beberapa hal menarik yang akan sangat mengubah masa depan umat manusia berkat revolusi industri 4.0. “Suatu era yang di antara digerakkan oleh kecerdasan buatan, teknologi robotik, automatisasi, pertukaran big data, Internet of Things (IoT), realitas virtual dan 3D printing,” ujarnya, Senin (7/1) di Denpasar.

Berikut beberapa prediksi menarik yang diungkapkan Eko Cahyono seperti bengkel kendaraan dan SPBU akan hilang. Mesin yang menggunakan bensin setidaknya memiliki 20 ribu bagian. Sementara motor yang menggunakan listrik hanya memiliki 20 bagian. Implikasinya, mobil listrik dijual dengan garansi seumur hidup dan hanya diperbaiki oleh dealer. Dampak ikutannya yakni SPBU atau pompa bensin akan hilang. “Dalam beberapa tahun ke depan kebanyakan pabrik kendaraan (yang cerdas) akan mengalokasikan uangnya untuk mulai membangun pabrik yang hanya membuat mobil listrik,” imbuh Eko Cahyono. 

Industri batu bara juga akan hilang. Perusahaan minyak dan gas akan hilang. Pengeboran minyak akan hilang. “Ucapkan selamat tinggal kepada OPEC,” kata Eko Cahyono. Rumah-rumah akan menghasilkan dan menyimpan energi listrik pada siang hari. Lalu akan menggunakan serta menjual listriknya ke grid. Grid akan menyimpan dan menyalurkannya ke industri yang banyak menggunakan listrik. Tambah Eko, perusahan yang tidak berinovasi akan mati terdisrupsi. Ia mencontohkan pada tahun 1998 Kodak memiliki 170 ribu pegawai dan menjual 85% foto kertas di seluruh dunia. Hanya dalam beberapa tahun model bisnis mereka hilang dan bangkrut. Siapa yang mengira itu akan terjadi?

Menurut Eko Cahyono, apa yang terjadi pada Kodak dan Polaroid akan terjadi di kebanyakan industri dalam 5-10 tahun yang akan datang. Sayangnya kebanyakan orang tidak bisa melihat itu akan terjadi. Kendaraan otonom, tanpa supir akan lalu lalang di jalan. Pada tahun 2018 mobil tanpa supir pertama sudah muncul. Dalam waktu 2 tahun ke depan seluruh industri akan dikacaukan. “Anda tidak akan ingin memiliki mobil lagi karena cukup memanggil mobil dengan telepon. Mobil itu akan muncul dan mengantarkan ke tempat tujuan,” kata Eko Cahyono. Anak-anak nantinya tak pernah punya SIM dan tak pernah memiliki mobil.

Dengan kendaraan tanpa supir, ini akan menyelamatkan jutaan nyawa tiap tahunnya. Listrik juga akan menjadi sangat murah dan bersih. “Produksi listrik tenaga surya telah mengalami kurva pengembangan eksponensial selama 30 tahun, tetapi sekarang Anda dapat melihat dampak perkembangan tersebut. Dan sekarang perkembangan itu sedang dipacu lebih kencang lagi,” terangnya.(emc)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: