Dukung KPU Kota Denpasar Sukseskan Pilwali Denpasar 2020, Kominfos Denpasar Gunakan Semua Platform Media yang Dimiliki

(Baliekbis.com),Mewabahnya virus corona (Covid-19), berdampak pada berbagai sektor kehidupan masyarakat. Salah satunya pelaksanaan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Denpasar Tahun 2020 (Pilwali 2020) sebagai bagian dari pemilihan kepala daerah serentak melibatkan 270 kabupaten/kota se-Indonesia.

“Salah satu dampaknya adalah pemilihan media dan metoda sosialisasi serta kampanya yang tidak bisa sama dengan pola sebelumnya,” jelas Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali I Dewa Agung Lidartawan saat media gathering bersama jajaran penyelenggara Pemilu dan media massa/media online Kota Denpasar pada Rabu (29/7) di Sanur Denpasar.

Penggunaan media dan metoda sosialisasi serta kampanye harus disesuaikan dengan kondisi masih berjangkitnya wabah Covid-19, tegasnya di hadapan puluhan awak media yang hadir. Diskusi media gathering menghadirkan Ketua KPU Provinsi Bali, akademisi FISIP UNUD (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana) dan Dinas Kominfos Kota Denpasar.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfos) Kota Denpasar yang diwakili Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik (Kabid KIP) Gde Wirakusuma Wahyudi menyatakan siap mendukung sosialisasi dan publikasi tahapan dan proses Pilwali 2020.

“Kominfos Kota Denpasar memiliki media sosial, media luar ruang, radio dan media alternatif yang bisa digunakan untuk mendukung sosialisasi dan publikasi pelaksanaan Pilwali Kota Denpasar tahun 2020 ini,” jelas Kabid KIP Kominfos Gde Wirakusuma yang biasa disapa Wira ini.

Untuk media sosial, Pemerintah Kota Denpasar telah membantu sosialisasi dan publikasi tahapan Pilwali 2020 melalui akun instagram, facebook, tweeter, youtube dan media sosial lainnya. Media sosial inipun telah berjaringan dengan media sosial organisasi perangkat daerah (OPD), kecamatan dan desa/lurah se-Kota Denpasar.

Ditambahkannya, Pemkot Denpasar memiliki Radio Pemerintah Kota Denpasar 92.6 FM yang aktif dalam mensosialisasikan berbagai program dan kebijakan Pemerintah termasuk kegiatan KPU Kota Denpasar. “Bisa melalui talkshow, adlibs, smash, spot dan berbagai bentuk sosialisasi secara audio,” jelas Wira yang pernah menjadi Kepala Studio RPKD 92.6 FM tersebut.

Bahkan materi audio produksi radio juga menjadi bahan sosialisasi tim mobile calling yang menggunakan mobil dilengkapi pengeras suara berkeliling wilayah Kota Denpasar. Aktifitasnya menyasar tempat-tempat publik seperti pasar, pantai, pusat aktifitas warga dan tempat-tempat yang potensial target sosialisasi. “Materi sosialisasi audio juga bisa ditayangkan melalui pengeras suara di banjar-banjar dan tempat umum seperti lapangan, pasar dan lainnya,” jelasnya lagi.

Selain itu pihaknya menggunakan materi audio visual tentang Pilwali 2020 yang ditayangkan di televisi ruang tunggu pada instasi pelayanan publik seperti RSUD Wangaya, puskesmas se-Kota Denpasar, kantor camat, kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Perijinan dan kantor-kantor pelayanan publik lainnya.

“Metoda ini cukup efektif mengingat masyarakat dan pengunjung kantor layanan publik bisa menonton tayangan ini sembari menunggu giliran mendapatkan layanan publik,” ujarnya lagi
Untuk mensukseskan Pilwali Kota Denpasar 2020, Diskominfos Denpasar berupaya memaksimalkan semua jenis platform media yang dikelola agar sosialisasi dan penetrasi informasi bisa semakin luas dan menjangkau masyarakat hingga ke tingkat rumah tangga.

“Tentunya melalui optimalisasi ini, kegiatan sosialisasi akan berjalan baik dan diharapkan akan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi warga untuk memilih dalam Pilwali 2020 nanti,” pungkas mantan aktifis mahasiswa ini. Lebih lanjut pihaknya berharap sinergi dengan media massa dan media online dapat terjalin baik untuk semakin memaksimalkan sosialisasi dan publikasi Pilwali Kota Denpasar 2020 ini. (wra)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: