Dukung Konversi Motor BBM ke Listrik, PLN UID Bali akan Perbanyak SPKLU

(Baliekbis.com), Untuk mempercepat konversi motor berbahan bakar minyak (BBM) jadi motor listrik, PLN UID (Unit Induk Distribusi) Bali akan menambah lagi puluhan SPKLU.

“Rencananya akan dibangun lagi 67 SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di sejumlah lokasi strategis,” ujar Manager Sub Bidang Strategi Pemasaran PLN UID Bali Oscar Praditya didampingi Manager Komunikasi I Made Arya, saat acara jumpa pers Rabu (20/01/2021) di Renon.

Dijelaskan saat ini PLN UID Bali telah menyediakan 2 unit SPKLU yakni di depan Tiara Dewata dan di kawasan Benoa. Jumlah itu akan ditambah lagi sesuai perkembangan jumlah kendaraan listrik di Bali. “Selain lebih hemat dan murah, kendaraan listrik juga ramah lingkungan,” jelas Oscar.

Untuk akselerasi pemenuhan Kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB) dan konversi kendaraan BBM jadi listrik ini, PLN juga memberikan insentif bagi yang sudah punya kendaraan listrik berupa diskon, tarif khusus juga ada kebijakan pemberian keringanan minimum.

Oscar menargetkan ke depan setidaknya ada 1.000 kendaraan listrik di Bali, sehingga sangat mendukung Bali yang bersih dan ramah lingkungan.

Terkait hal ini, pemerintah telah menerbitkan regulasi yakni Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Juga ada Peraturan Gubernur (Pergub) Bali Nomor 45 Tahun 2019 tentang Bali Energi Bersih dan Pergub Bali Nomor 48 Tahun 2019 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: