Dua Truk Sumbangan Warga untuk Korban Gempa Lombok Diberangkatkan

(Baliekbis.com), Dua hari aksi pengumpulan donasi korban gempa Lombok langsung disalurkan oleh Ikatan Keluarga Besar Lombok (IKBL), Jam’iyah Jamu Taqwa Tabanan dan Sahabat Subuh Bali. Aneka donasi gempa tersebut diberangkatkan ke Lombok menggunakan dua kendaraan truk sekaligus dan merupakan hasil sumbangan amal warga Tabanan dan sekitarnya.

Pemberangkatan bantuan kemanusiaan dilakukan di Posko Peduli Gempa Lombok di Jalan By Pass Sukarno 32 Gubuq, Tabanan, Sabtu (11/8). Usai diisi penuh, satu truk kontainer dan satu pickup aneka bantuan  langsung diberangkatkan mengingat kebutuhan mendesak para korban gempa Lombok. Satu persatu ragam bantuan tersebut dinaikkan oleh para relawan IKBL dan Jam’iyah Jamu Takwa ke atas truk kontainer. Bantuan ini diharapkan tepat sasaran kepada korban yang saat ini  sedang membutuhkan.

Berbagai sumbangan tersebut yakni aneka kebutuhan korban gempa seperti sembako berupa beras, telur, indomie, dan kebutuhan lainnya. Bantuan juga berupa terpal, karpet, pakaian bekas, genset untuk penerangan dan lainnya. Salah satu kordinator relawan, Nurhidayat menjelaskan, bantuan gempa Lombok tersebut merupakan hasil pengumpulan donasi selama dua hari usai dibentuk posko kepedulian kemanusian gempa Lombok. “Semoga bantuan ini bisa membantu para korban sekaligus pengungsi korban gempa Lombok yang begitu membutuhkan saat ini,” urainya didampingi salah satu relawan lainnya, Lalu Artana.

Dayat menjelaskan, sasaran bantuan ditujukan kepada korban yang difokuskan bagi para korban yang selama ini belum terjangkau. Untuk itu, pihaknya sudah melakukan kordinasi dengan para relawan dan sekaligus pihak aparat pemerintah terkait di Lombok. Selain bantuan berupa barang-barang kebutuhan, sepuluh relawan juga ikut serta dan akan bertugas membagikan bantuan di lokasi gempa. Rombongan relawan dikordinator oleh Ketua IKBL, Haji Rizal Yasri dan Ketua Jamu Taqwa Tabanan, Haji Romli.

Distribusi bantuan sengaja dikirim lebih cepat mengingat para korba gempa sangat membutuhkan saat ini. Bantuan serupa akan dikiirim menyusul beberapa hari kemudian usai terkumpul di Posko Tabanan dan akan segara didistribusikan secara terus menerus. “Distribusi bantuan segera kami lakukan secepat mengingat bantuan ini sangat diperlukan oleh korban gempa saat ini,” urai Haji Rizal Yasri.

Gempa 7,0 skala richter 5 Agustus telah memporak porandakan pulau Seribu Masjid Lombok. Selain menempati tenda tenda sederhana di berbagai lokasi, laporan para relawan menyebutkan masih banyak warga yang  melakukan pengungsian  ke gunung-gunung akibat ketakutan adanya isu tsunami beberapa waktu lalu. Kepedulian semua pihak sangat diperlukan saat ini mengingat para korban tersebar di berbagai tempat. Tercatat 300 lebih warga Lombok meninggal dunia dalam bencana tersebut. (cia)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: