Drs. IGB Bhaktiyasa: Dukung SE Wajib Nyanyikan Lagu Indonesia Raya

(Baliekbis.com), Hampir semua kalangan pendidikan di Bali menyambut baik dikeluarkannya surat edaran (SE) yang mewajibkan seluruh sekolah menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum memulai pelajaran. Selama ini, para siswa umumnya tidak utuh dalam menyanyikan Lagu Indonesia Raya hanya menyanyikannya pada bagian pertamanya saja. Hal ini disampaikan oleh pengamat pendidikan Drs. I Gusti Bagus Bhaktiyasa, Senin (28/8).

Dikatakan, biasanya saat upacara bendera lagu Indonesia Raya yang diperdengarkan maupun dinyanyikan hanya bagian pembukaannya saja. Mustinya para siswa menyanyikannya secara utuh. Karena semua lagu Indonesia Raya menjadi satu kesatuan dan tidak dapat dipisahkan. Dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara utuh tentu diharapkan menanamkan nilai-nilai nasionalisme sejak dini yang dimulai dari kalangan pelajar. “Hal ini harus direspon positif sebagai bagian revolusi mental maupun dalam menumbuhkembangkan budi pekerti para siswa,” katanya.

Bagus Bhaktiyasa menjelaskan alangkah baiknya bila siswa diberi kesempatan secara bergiliran menjadi pimpinan atau dirigen dalam menyanyikan lagu Indonesia Raya, sehingga pemahaman tentang nasionalismenya merata di seluruh siswa.  “Pedoman atau panduan mengenai lagu Indonesia Raya harus segera disosialisasikan ke sekolah-sekolah, sehingga saat upacara bendera sekolah yang dilaksanakan setiap hari Senin para siswa tahu dan hafal menyanyikannya. Selain itu peran para pendidik atau guru sangat strategis dalam mensosialisasikan aturan semacam ini karena lagu Indonesia Raya harus dinyanyikan sampai habis sesuai panjang liriknya,” jelasnya.

Bagus Bhaktiyasa mengungkapkan meski belum banyak sekolah yang menerapkan aturan menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan lengkap, secara bertahap serta melalui sosialisasi yang terus menerus tentu kebijakan semacam ini bisa diterapkan seluruh sekolah. ”Selain sosialisasi, yang tidak kalah penting tentunya memberi pemaparan atau penjelasan kepada siswa mengenai makna menyanyikan lagu Indonesia Raya, sebab semakin paham akan rasa kebangsaan tentu semakin diperkuat rasa nasionalismenya,” ucanya. (sus) 

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: