Dracula Simia, Anggrek Unik yang Menyerupai Wajah Monyet

(Baliekbis.com), Anggrek monyet adalah salah satu jenis anggrek yang bunganya mirip dengan wajah monyet. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Dracula Simia yang dinamai oleh seorang ahli botani Luer pada tahun 1978. Hidup pada habitat dengan ketinggian 1000-2000 meter dengan suhu sekitar 27 derajat Celcius dan kelembaban 80-90%.

Meskipun hanya bisa tumbuh di daerah pegunungan, nyatanya beberapa kolektor bunga langka pernah berhasil menanam bunga itu di penangkaran yang jauh dari habitat aslinya. Selain bentuknya yang unik, bunga anggrek monyet ini juga memiliki bau yang unik dengan bau aroma yang segar yakni seperti bau buah jeruk.
Sebelumnya, spesies menarik dari genus ini dimasukkan ke dalam Masdevallia. Saat ini sekitar 90 spesies yang ditemukan di hutan lembab, sebagian besar di Kolombia barat dan Ekuador. Anggrek monyet memiliki rimpang pendek dan merayap dengan pucuk pendek, tegak, berdaun satu, bertekstur tipis dengan pelepah yang berbeda. Warna-warni, bunga tunggal biasanya besar dan independen, meskipun beberapa spesies menunjukkan perbungaan tegak. Bunga individu biasanya diproduksi sendiri-sendiri secara berurutan dan pada beberapa spesies, perbungaan mampu menghasilkan 5, 6 atau lebih bunga selama masa perbungaan.

Ujung sepal membentuk ekor yang panjang dan ramping. Pada bagian paling atas, kelopak pendek memiliki tekstur berkutil yang dapat memberikan tampilan dua mata di sepanjang kedua sisi kolom mirip hidung. Anggrek monyet sangat populer dan banyak spesies dan hibrida sekarang dalam budidaya. Entah karena bunganya yang menarik atau karena namanya yang aneh, D. vampira, D. chimaera, D. bella, D. gorgona dan D. simia adalah beberapa spesies yang banyak dicari. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: