Dr. Mangku Pastika, M.M. Ajak Seniman Tetap Berkreativitas

(Baliekbis.com), Pandemi Covid-19 memang membawa dampak luas di berbagai bidang termasuk kehidupan para seniman.

“Ini memang tantangan berat, tapi kita harus tetap berbuat, kehidupan mesti tetap jalan. Jadi saya harap seniman tetap berkreativitas, tumbuhkan industri kreatif,” ujar Anggota Komite II DPD RI Dr. Made Mangku Pastika,M.M. saat bincang santai dengan tema “Dinamika Kehidupan Seniman Bali: Kelompok Warung Tresni”, Selasa (12/10) di Warung Tresni Renon.

Bincang santai yang dipandu Tim Ahli Nyoman Baskara didampingi Ketut Ngastawa dan Nyoman Wiratmaja berlangsung secara online dan offline.

Terkait rencana pembukaan kunjungan wisman pada 14 Oktober ini, menurut Mangku Pastika masalahnya bukan soal siap atau tidak siap. Namun masih ditemukan peraturan yang belum sinkron. “Ini yang perlu ada kepastian dan kejelasan,” ujar mantan Gubernur Bali dua periode ini.

Disebutkan pula, untuk menghidupkan (mesin) pariwisata setelah cukup lama terpuruk dibutuhkan anggaran yang tidak sedikit. “Ibaratnya mesin sudah lama berhenti, jadi karatan sehingga perlu perawatan lebih,” tambahnya.

Meski demikian, semua pihak diharapkan tetap berupaya untuk mencari jalan keluar, seperti mengembangkan industri kreatif lainnya agar ekonomi bisa bergerak. Sebab Bali memiliki potensi lain seperti pertanian yang bisa menjadi andalan selain di pariwisata.

Indrawan, salah seorang seniman mengaku karena covid, ia mencoba mengembangkan ternak ayam. Namun ia menghadapi terkendala pasar akibat berkurangnya daya beli. Pelaku usaha lainnya juga merasakan dampak wabah corona ini. “Ekonomi sangat sulit belakangan ini. Entah sampai kapan,” ujarnya. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: