Dr. Mangku Pastika: Eco Enzyme Dukung Bali Menuju Pulau Organik

(Baliekbis.com), Anggota DPD RI Dr. Made Mangku Pastika, M.M. memberikan apresiasi kepada Yayasan BTS (Bali Tresna Sujati) yang begitu getol mengedukasi masyarakat terkait manfaat Eco Enzyme.

“Gerakan ini sangat mulia bagi pelestarian Bali menuju Pulau Organik, bersih dan ekonomi hijau,” ujar Mangku Pastika saat berkunjung ke Yayasan Bali Tresna Sujati di Jalan Suli 86 Denpasar, Rabu (29/12).

Dalam pertemuan dengan komunitas eco enzyme yang mengangkat tema “Keberadaan Eco Enzyme dalam Menjaga Lingkungan dan Usaha usaha Kreatif Produktif”, Mangku Pastika didampingi Tim Ahli Nyoman Baskara, Ketut Ngastawa dan Nyoman Wiratmaja.

Mangku Pastika mengatakan alam dan manusia merupakan ciptaan Tuhan. “Jadi kalau kita mengurus manusia apalagi itu orang miskin maka kita sudah berbakti kepada Tuhan. Demikian pula dengan cinta lingkungan itu sudah berarti cinta Tuhan,” ujar Mangku Pastika.

Di sisi lain, Mangku Pastika juga menyarankan agar aneka produk eco enzyme di BTS ini juga dipatenkan sehingga tidak diklaim pihak lain.

Sebagaimana diungkapkan Ketua Yayasan BTS Bali Ani Fanawati yang mengatakan produk (F2) eco enzyme ini bisa dikomersilkan. Apalagi peminatnya terus bertambah. Hal ini tidak terlepas dari sejuta manfaat eco enzyme ini.

Terkait pengembangan eco enzyme, Pendiri AMI ini mengaku telah melakukan sosialisasi mengajak berbagai komponen masyarakat dari berbagai kabupaten/kota untuk memanfaatkan dan mengembangkan eco enzyme ini.

“BTS sudah memiliki beberapa desa binaan baik Klungkung (Desa Aan), Gianyar (Desa Kendran),  Karangasem (Rendang) dan menyusul di Jembrana,” jelasnya.

Eco enzyme selain memberi manfaat ekonomi juga mampu menekan produk sampah dibuang ke TPA melalui pengolahan sampah organik khususnya sisa sayuran dan buah-buahan menjadi eco enzyme.
Eco enzyme tidak mengandung bahan kimia sehingga sangat aman digunakan. (bas)

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.