Dr. IA Gayatri: Menulis Cerpen, Buku hingga Main Film

(Baliekbis.com), Cerdas, punya bakat seni dan menulis ada pada sosok gadis yang punya nama lengkap Dr. Ida Ayu Made Gayatri,S.Sn. Gayatri, kelahiran Denpasar 4 Februari 1975 ini,  kini menekuni hobinya menjadi seorang penulis selain mengajar sebagai dosen. Dari hobinya itu puluhan cerpen telah dihasilkannya termasuk dua buah buku. Bahkan disela-sela kesibukannya, ia juga menjadi pemain film.

Dua buku berjudul “Gayatri Mantra” bertemakan Budaya Keanugrahan Bali dan “Layar” sudah diterbitkan, bahkan kini beredar di kalangan mahasiswa dan dosen di lingkungan Universitas Ngurah Rai (UNR). Selain itu sebagian bukunya sudah dipajang di beberapa toko buku. Bukan hanya buku,  Gayatri juga menulis artikel tentang kebudayan yang sudah tayang di beberapa media cetak dan media online di Bali. Dikatakan, pengalamannya menulis sudah ditekuni sejak di SMA. ”Karena ingin bisa menjadi seorang penulis handal akhirnya saya bertekad kuliah di NSW University Australia mengambil Jurusan Media dan Komunikasi tahun 1998,”ujar Gayatri yang juga salah satu mantan atlet pencak silat perisai diri tahun 1991 ini saat ditemui, Senin (7/8).

Merasa ilmu yang didapat masih kurang ketika kuliah di Australia, maka ia kembali melanjutkan kuliah di Universitas Udayana (Unud) dengan mengambil Program Studi (Prodi) Seni Rupa dan Desain. Setelah tamat S1 di Unud kembali melanjutkan ke Program Magister Kajian Budaya. “Sampai akhirnya melanjutkan ke Program Doktor Kajian Budaya 2009-2015,” terangnya. Setelah lulus dari Unud dengan memperoleh gelar doktor, ia lalu mengabdikan diri di UNR. Dari sinilah mulai banyak melakukan penelitian, di antaranya tentang Eksistensi Perguruan Kebatinan Sandhi Murti Indonesia dalam Bidang Kanuragan di Bali. “Dari hasil penelitian inilah muncul ide menerbitkan buku berjudul Gayatri Mantra,”jelasnya.

Selama menyenangi hobi menjadi seorang penulis, Gayatri juga sempat menulis puluhan cerita pendek (cerpen) di antaranya “Gaun Merah di Tepi Malam”, “Birahi Merah”dan “Celana Dalam”. Tulisan cerpennya dikagumi banyak kalangan, tidak hanya orang dewasa juga orangtua. Ditambahkan, pada tahun 2007 silam,ia juga sempat berpartisipasi dalam film layar lebar “Under The Tree” karya Garin Nugroho sebagai peran pembantu (perempuan hamil) dan juga ikut bermain di Film Televisi (FTV) untuk Trans 7 berjudul “Bima dan Pematung” sebagai peran pembantu (Ibu).  (sus)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: