DPP dan Sembilan DPW Nawa Cita Pariwisata Indonesia Dikukuhkan

(Baliekbis.com),DPP dan sembilan DPW Nawa Cita Pariwisata Indonesia (NCPI) dikukuhkan, Sabtu (15/6/2019) di Grand Inna Bali Beach Sanur. Ke-9 DPW tersebut
yakni Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, dan Sulawesi.

Deklarasi dan Pengukuhan tersebut yang tertuang dalam Surat Keputusan DPP NCPI Nomor 01 Tahun 2019 tentang Surat Pengukuhan Periode 2019-2024 dibacakan Ketua Umum SNCI (Sinergi Nawa Cita Indonesia) Dr. RM. Suryo Atmanto,MBA., MRE.

Ditemui di sela-sela acara, Suryo Atmanto mengatakan, fundamemtal ekonomi yang paling sehat di negara kepulauan Indonesia ini adalah dari sektor pariwisata. “Kita ini negara kepulauan yang dulu banyak kerajaannya, kebudayaannya dan keanekaragaman agama. Ini adalah potensi pariwisata yang sangat besar,” ujarnya.

Melihat potensi itu, pihaknya memprakarsai untuk mendeklarasikan dan mengukuhkan NCPI ini. “Tujuannya, yakni meningkatkan pariwisata itu sendiri. Yang mana saat ini animonya menurun dibandingkan dengan negara lain yang sama-sama bergerak di bidang pariwisata,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Umum NCPI Dr. I Gusti Kade Sutawa,SE.,MM., MBA, mengatakan, langkah awal yang akan dijalankan pihaknya yakni mewujudkan visi pariwisata berkelanjutan di Indonesia. “Yang pertama kita akan mengelola SDM pariwisata, dan seluruh pelaku pariwisata yang ada di Indonesia itu bersatu,” katanya.

Selain itu, lanjut Sutawa, juga harus menyiapkan master plan tentang pariwisata, dan infrastruktur penunjangnya yang harus ada, serta mengajak kerja sama dengan maskapai penerbangan.

“Dari segi promosi dan informasi tentang pariwisata Indonesia harus ada di semua negara. Karena jika dibandingkan dengan lain, mereka itu minimal ada di tiga sampai dengan empat negara,” bebernya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Drs. I Wayan Witama, MBA., MM., mengatakan, persiapan dalam acara ini cukukp singkat. Yakni hanya dalam jangka waktu dua minggu. Namun berkat arahan Ketua Umum SNCI, acara ini bisa terwujud. “Tujuan dari kegiatan ini untuk menyatukan visi dan misi membangun pariwisata Indonesia,” katanya.

Dengan kegiatan ini, ke depan pihaknya berharap NCPI menjadi menjadi lokomotif dalam mewujudkan dan mempercepat pertumbuhan pariwisata di Indonesia. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: