Dokter Bagus: Rekam Medis Penting Untuk Tindakan Pelayanan Pasien

(Baliekbis.com),Apakah anda mengenal rekam medis? Dalam artian sederhana rekam medis adalah catatan dan dokumen yang berisi tentang kondisi keadaan pasien.

Tetapi jika dikaji lebih mendalam rekam medis mempunyai makna yang Iebih kompleks tidak hanya catatan biasa. Karena di dalam catatan tersebut sudah tercermin segala informasi menyangkut seorang pasien.

“Ini yang akan dijadikan dasar dalam menentukan tindakan Iebih lanjut dalam upaya pelayanan maupun tindakan medis Iainnya yang diberikan kepada seorang pasien yang datang ke rumah sakit,” ujar Dirut RS Bali Mandara dr. Bagus Darmayasa, Sabtu (9/11/2019).

Menurut PERMENKES No: 269/MENKES/PER/III/2008 tentang Rekam Medis, Rekam Medis adalah berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien.

Tujuan berkas rekam medis ini yaitu untuk menunjang tercapainya tertib administrasi dalam upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit. Pengisian atau pencatatan rekam medis di rumah sakit dilakukan oleh dokter dan perawat. (hms)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: