DLH Bangun Partisipasi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga

(Baliekbis.com), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) peringati hari lingkungan hidup dengan sosialisasikan pengelolaan sampah rumah tangga. Sosialisasi yang digelar di Kantor Desa Sukawati selasa, (5/6) bertujuan membangun partisipasi dan kesadaran masyaratkat mengenai pengelolaan sampah. “Sosialisasi ini bertujuan membangun partisipasi masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah. Disamping itu untuk membangkitkan kembali semangat gotong royong warga untuk bahu-membahu menjaga kebersihan lingkungan”. Ujar Kadis DLH I Wayan Kujus Pawitra.

Lebih lanjut Kujus Pawitra mengatakan kegiatan ini bukan semata-mata untuk memperingati hari lingkungan hidup namun juga merupakan program pemerintah daerah dalam mewujudkan Gianyar yang bersih dan nyaman. Kujus Pawitra juga menambahkan “Sosialisasi semacam ini akan terus dilakukan ke desa-desa dimana kami mulai dari Desa Sukawati yang bertepatan dengan hari lingkungan hidup” imbuh Kujus Pawitra. Pada kesempatan tersebut Kujus Pawitra mengapresiasi langkah-langkah Desa Sukawati untuk mendirikan Bank Sampah, serta adanya komunitas Saiber yang terus bergerak sosialisasikan pengolahan sampah bahkan terjun langsung untuk memungut sampah. Harapannya sosialisasi ini terus berlanjut sehingga edukasi dan pemerdayaan masyarakat dalam bidang pengolahan sampah berjalan dengan baik.

Diakuinya permasalahan sampah merupakan permasalahan yang kompleks yang menjadi tanggung jawab kita bersama. Untuk menangani masalah tersebut program 3R (Reuse, Reduce, Recycle) merupakan cara terbaik untuk menanggulangi permasalahan sampah. Reuse merupakan langkah menggunakan kembali sampah yang memang masih bisa dipakai. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah. Terakhir Recycle berarti mengolah sampah menjadi barang yang bermanfaat(daur ulang). “ Mengelola sampah dengan prinsip 3R dapat dilakukan oleh siapa saja kapan saja dan dimana saja serta tanpa biaya. Hanya dibutuhkan sedikit waktu dan kepedulian kita” tutur Kujus Pawitra. Kepala Desa Sukawati Dewa Gede Dwi Putra dalam kesempatan yang sama juga mengucapkan terima kasih atas diselenggarakannya sosialisasi di Desa Sukawati. “Saya mengucapkan terimakasih atas diselenggarakannya sosialisasi ini. Sosialisasi ini akan menjadi bekal bagi kami untuk mengikuti lomba kebersihan antar kecamatan di Kabupaten Gianyar. Dimana Desa Sukawati terpilih mewakili Kecamatan Sukawati” jelas Dwi Putra. Harapannya dengan mengikutsertakan para tokoh masyarakat, PKK, dan Kelian mampu menjadi penyambung lidah atau perpanjangan tangan dari daerah ke desa dan keseluruh masyarakat. (abg)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: