Ditunjang Infrastruktur, Denpasar Jadi Gerakan Nasional 1000 Startup

(Baliekbis.com), Kota Denpasar memiliki potensi besar dari sumber daya manusia lewat akademisi dan universitas yang ada dengan kreatifitas dan inovasi yang tak terlepas sebagai Kota Cerdas (Smart City) . Hal tersebut  sebagai acuan dijadikann Kota Denpasar sebagai 10 kota pertama di Indonesia dalam gerakan pengembangan 1000 Startup Digital. Pengembangan gerakan ini akan digelar di Gedung Sewaka Dharma Lumintang, Sabtu, 4 Maret 2017 mendatang. Demikian disampaikan Koordinator Gerakan Nasional 1000 Star Up Digital Denpasar, Fay Alun dan Dimas Aditya serta Ketua Yayasan Primakara Made Artana  saat beraudiensi dengan  Walikota Denpasar IB. Rai Dharmawijaya Mantra pada (1/3) di Kantor Walikota Denpasar.

Lebih lanjut, Fay Alun mengatakan,Dengan pengembangan 1000 Startup Digital yang merupakan inisiatif  dari Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama KIBAR untuk melahirkan usaha rintisan digital yang berkualitas yang bisa memberikan dampak positif dan membantu menyelesaikan berbagai masalah yang ada di Indonesia. “Dipilihanya Denpasar secara infratruktur telah memadai, yang didukung dengan potensi sumber daya manusia yang dibuktikan dari kampus-kampus yang ada, didukung dari komunitas interpreneur yang ada, serta hal penting dengan dukungan dan gerakan yang sama dari visi besar Walikota Denpasar I.B Rai Dhartmawijaya Mantra dan Wakil Walikota IGN Jaya Negara dalam gerakan kreatif dalam kewirausahaan,” katanya.

Fay Alun mengatakan, kegiatan ini akan dilaksanakan kurang lebih selama 6 bulan dengan berbagai tahapan yang diawali dengan kegiatan Ignition yakni penanaman pola pikir entrepreneurship, dilanjutkan dengan Workshop dengan memberikan pembekalan keahlian dasar yang dibutuhkan dalam membuat starup digital, Hacksprint dengan pembentukan tim yang saling melengkapi skill untuk membuat prototype produk, dilanjutkan dengan Bootcamp yakni pembinaan mendalam bersama mentor untuk menyiapkan peluncuran produk, dan terakhir Incubation yakni pembinaan lanjutan sampai akhirnya siap menjadi bagian dari ekosistem startup digital.

Walikota Denpasar IB. Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan, dirinya mengaku sangat bangga bahwa Kota Denpasar menjadi tuan rumah Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Tahun 2017. Ia berharap dengan diadakannya kegiatan ini dapat menjadi  inkubator bisnis sebagai peluang kerja dalam era digital saat ini.  “Kota Denpasar  memiliki keberagaman budaya yang sangat kental. Jika dipadukan dengan kekuatan teknologi digital ini menjadi modal besar untuk menghasilkan inovasi dan kreativitas yang begitu unik. Ini saatnya kita beraksi dan mengajak anak muda Indonesia bergerak untuk ikut menentukan arah bangsa di era ekonomi digital,”ujarnya. (eka)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: