Dikunjungi Ny. Giri Prasta, Lempung Langsung Dirawat di RSUD Mangusada

warga-kulit-melepuh
(Baliekbis.com),  Aksi sosial Ketua K3S Kabupaten Badung Ny. Seniasih Giri Prasta terus berlanjut (29/10), Ny. Giri Prasta yang didampingi Ny. Kristiani Suiasa, Ny Kompyang R Swandika serta rombongan lainnya, mengunjungi kediaman Ni Ketut Lempung (70), warga Banjar Selat, Desa Sobangan, Kecamatan Mengwi. Ni Ketut Lempung adalah warga miskin yang mengalami gangguang kesehatan kulit gatal hingga melepuh, dan juga gangguan pengelihatan.  Kesehariannya, Lempung dirawat oleh anaknya, I Made Yasa yang tidak memiliki pekerjaan tetap. Saat rombongan istri bupati ini berkunjung yang juga didampingi Perbekel Sobangan, kondisi Lempung sangat memperihatinkan. Sekucur tubuhnya penuh luka dan mengeluarkan cairan.

Menurut penuturan Yasa, ibunya hanya dirawat secara non medis, karena tidak memiliki biaya untuk berobat ke dokter atau rumah sakit. Melihat kondisi warganya ini, Ny. Giri Prasta yang mengajak serta Tim Dokter dari RSUD Mangusada dan Dinas Kesehatan langsung memerintahkan untuk melakukan penanganan segera. “Harus segera mendapatkan perawatan. Untuk biaya kan ada JKBM, atau JKKB Manguwaras, semuanya ditanggung pemerintah,”tegasnya. Pada kesempatan itu juga Ny. Giri Prasta memberikan bantuan sembako kepada keluarga miskin ini, yang rumahnya baru saja kena musibah pohon tumbang.
           
Menurut Perbekel Sobangan I Ketut Mas Budiarta, meski tergolong miskin keluarga ini belum masuk dalam daftar Rumah Tangga Sasaran (RTS), sehingga tidak mendapat bantuan dari Pemkab Badung. Mereka hanya mendapatkan bantuan pemerintah pusat berupa jatah beras untuk rakyat miskin (raskin).  Segera pihaknya akan mengusulkan keluarga ini masuk dalam RTS, sehingga nanti bisa mendapatkan bantuan dari Pemkab Badung. Setelah kunjungan Ny. Giri Prasta ini, Lempung langsung dibawa untuk mendapatkan perawatan di RSUD Mangusada Badung. (ist)
 

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: