Didukung BPD Bali Cabang Negara, Kembang Hartawan Motivasi Kaum Milenial Berwirausaha

(Baliekbis.com),Wakil Bupati Jembrana, I Made Kembang Hartawan,SE,MM, memberikan Motivasi Penguatan Kewirausahaan kepada ratusan siswa SMA serta mahasiswa Poltek Kelautan Perikanan, Senin (16/12/2019).

Kembang mengatakan di negara-negara maju memiliki jumlah pengusaha rata-rata 14 persen. Di Indonesia masih di kisaran 3,1 persen, sedangkan di Jembrana baru 1,9 persen. Padahal pengusaha merupakan penggerak ekonomi di suatu daerah.

Menurut Kembang berbagai latar belakang sebenarnya bisa menjadi pengusaha asal ada niat, jeli dan berani melihat peluang. “Semisal seorang dokter bisa menjadi pengusaha, tidak hanya bekerja di rumah sakit. Dia bisa membuka apotik, klinik, bahkan bisa membuka rumah sakit swasta,” ucapnya.

Selama seorang pengusaha tekun dan kreatif, penghasilannya juga sangat menjanjikan. Seorang pengusaha juga harus paham dengan selera pasar dan pangsa pasarnya.
Di tahun 2019 ini generasi milenial mendominasi peran pasar. Sebagai pengusaha harus paham dengan selera pasar generasi milenial dan generasi yang akan datang.

Setiap generasi mempunyai gaya hidup dan selera yang berbeda. Ia mencontohkan pada generasi milenial yang cenderung tertarik dengan kemasan yang apik meski sebenarnya dari segi kualitas tidak berbeda jauh dengan produk lainnya.

Dari pertemuan tersebut, Kembang sangat berharap generasi ke depan memiliki cita-cita sebagai pengusaha, dan jumlah pengusaha di Jembrana selalu bertumbuh. Menurutnya, Jembrana memiliki potensi yang besar seperti cokelat, kopi, kuliner, buah, yang jika dikemas dengan kreatif tentunya akan menarik konsumen untuk membeli.

Sementara itu, menurut Kepala BPD Bali Cabang Negara Ida Bagus Made Surawan, Bank BPD Bali sebagai satu-satunya bank milik masyarakat Bali dengan memposisikan dirinya sebagai agent development serta sebagai lembaga intermediasi, maka sesuai visi dan misi Bank BPD Bali untuk menjadi bank terkemuka dalam melayani UMKM untuk mendorong pertumbuhan perekonomian Bali.

Sesungguhnya di Bali banyak produk unggulannya, misalnya mangga, salak, pisang, dan nangka. “Kami berniat agar masyarakat Bali bisa mengembangkan UMKM. Yang terpenting adalah komitmen dari Pemda melalui perusahaan daerah,” jelasnya. Di akhir tahun ini BPD Bali Cabang Negara juga akan mensupport pelaksanaan lomba kewirausahaan muda Jembrana bekerja sama dengan PLUT Jembrana dan Pemkab melalui Dinas Koperindag. (yes)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: