Didukung BPD Bali, 150 Calon Pensiunan PNS Provinsi Bali Diberi Pembekalan Kewirausahaan

(Baliekbis.com),Sekitar 150 aparatur sipil negara (ASN) di Pemerintahan Propinsi Bali yang akan memasuki pensiun tahun 2020 mendapatkan pembekalan kewirausahaan.

Pembekalan Kewirausahaan dirangkai dengan penyerahan SK Pensiun secara simbolis oleh Kepala BKD Provinsi Bali. Acara dibuka Kepala BKD dan Direktur Utama Bank BPD Bali bertempat di Hotel The Vasini, Rabu (4/122019). Hadir pula dalam acara tersebut Kasubag Tatalaksana Pemerintahan Biro Organisasi Setda Provinsi Bali I Gusti Ayu Wahyuni, SE, Pelaksana Pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Bali I Gede Nyoman Suweca, Pustakawan Madya pada Dinas Kebudayan Provinsi Bali, Drs. Si Gede Badra dan Kepala Cabang Kantor BPD Bali Renon Ida Ayu Tri Rasmiwinari

Menurut Tatalaksana Pemerintahan Biro Organisasi Setda Provinsi Bali I Gusti Ayu Wahyuni, SS, PNS yang akan menjalani pensiun perlu dipersiapkan mental, kemampuan dan keterampilan lain yang dapat dipakai sebagai modal di lingkungan yang baru.

“Saat seseorang menjalani masa pensiun setelah bertahun-tahun bekerja tentunya yang paling nyata adalah ada penurunan pendapatan, perubahan relasi sosial, penurunan kesehatan karena usia yang semakin bertambah dan sebagainya,” katanya.

Perubahan yang terjadi, kata dia, bisa jadi akan menimbulkan ketidakpastian dan ketidaknyamanan sehingga terkadang pensiun merupakan hal yang menjadi diabaikan atau kurang diperhitungkan untuk dipersiapkan.

“Persiapan pensiun biasanya menjadi terabaikan dan kurang mendapatkan perhatian karena meskipun masa pensiun sudah dekat namun demikian biasanya pegawai masih menyibukkan diri dengan tugas dan pekerjaannya,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Cabang Kantor BPD Bali Renon Ida Ayu Tri Rasmiwinari, mengatakan ada beberapa aspek yang perlu disiapkan dalam persiapan pensiun. Misalnya, aspek ekonomi, berkaitan dengan pengelolaan keuangan, serta kewirausahaan.

“BPD Bali sengaja menyasar kalangan PNS yang akan memasuki pensiun untuk mengembangkan kewirausahaannya melalui pemberian KUR,” ujarnya.
Katanya BPD Bali akan terus gencar mendorong KUR, khususnya di sektor produksi. Selain sasar pensiunan PNS, BPD Bali akan fokus menyalurkan KUR kepada kelompok-kelompok petani, peternak maupun pengrajin.

Di samping itu, BPD Bali akan tetap menyalurkan KUR kepada perseorangan yang memiliki usaha feasible namun belum bankable. “Kami juga mengedepankan kerja sama dengan pemerintah daerah di masing-masing wilayah untuk pembiayaan UMKM binaan Pemerintah Daerah, sehingga secara langsung bisa mendorong pertumbuhan perekonomian daerah yang berkelanjutan,” tandasnya.

Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma,SH,MH mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada seluruh karyawan dan karyawati atas semua kerja keras, jerih payah, kontribusi, dan prestasi sehingga Bank BPD Bali mampu mempertahankan eksistensinya ditengah gencarnya persaingan dunia perbankan saat ini.

Namun, pihaknya juga ingin terus mengajak seluruh insan Bank BPD Bali untuk tetap fokus, tetap bekerja sepenuh hati, jujur, disiplin, loyalitas tinggi, tetap taat pada regulasi serta terus berpegangan tangan, bekerja sama dalam semangat pantang menyerah dan saling mendukung untuk membawa Bank BPD Bali menuju cakrawala harapan baru yang lebih baik. Pasalnya, sukses Bank BPD Bali adalah sukses bersama.

Apa yang telah diraih jangan disia-siakan lagi, dan harus tetap dijaga dan meningkatkan Bank BPD Bali sebagi asset daerah yang memberikan kontribusi besar terhadap laju kembangnya perekonomian Bali.

“Misi yang kita emban dan apa yang telah kita cita-citakan bersama akan dapat terwujud apabila disertai dengan keyakinan dan kerjasama antara pengurus dan juga karyawan/karyawati Bank BPD Bali. Marilah kita bersama sama menciptakan hubungan kerja yang bersinergi dan harmonis sehingga mampu memberikan kontribusi maksimal,” tandasnya. (yes)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: