Diduga Menyinggung Agama Lain, Eggi Sudjana Dilaporkan ke Polisi 

(Baliekbis.com), Pengacara kawakan Eggi Sudjana yang mengeluarkan pernyataan mengarah kepada ujaran kebencian terhadap agama tertentu memantik emosi masyarakat luas. Di Bali, puluhan masyarakat yang tergabung dalam Forum Peduli NKRI, Jumat (6/10) menggelar demo serta mendesak agar aparat kepolisian mengusut tuntas kasus tersebut.

Koordinator Forum Peduli NKRI, Hengky Suryawan mengatakan, apa yang dikatakan Eggi Sudjana telah menyakiti perasaan umat lain. “Kami sebagai masyarakat merasa terusik dengan pernyataan Eggi Sudjana. Untuk itu, saya bersama teman-teman di Forum Peduli NKRI hari ini menggunakan hak kami sebagai warga dan masyarakat,” ucapnya kepada awak media sebelum masuk ke ruang SPKT Polda Bali. Hengky menambahkan, apa yang dikatakan Eggy Sudjana seakan-akan mewakili umat islam. Padahal, tidak sedikit dari teman-temannya mengaku terganggu dengan ucapan tersebut.

“Teman-teman saya yang beragama islam juga ikut di sini karena mereka merasa terganggu. Seorang Eggi dengan profesi sebagai seorang advokat mengeluarkan perkataan yang tidak benar dan berpotensi memecah belah bangsa. Ini bentuk provokasi. Kalau kita biarkan akan muncul Eggie Sudjana yang lain,” ucapnya.

Sebelum kedatangan Forum Peduli NKRI, pada pagi hari sekitar pukul 09.00 Wita, Komponen Rakyat Bali (KRB) juga terlebih dahulu melaporkan Eggi Sudjana atas dugaan penistaan terhadap agama Hindu, Kristen, dan Budha. “Kita lihat ini dari unsur ujaran kebencian, kalau memang bisa maksimalkan kita laporkan pasal berlapis. Kita masih menunggu. Video itu sudah mewakili ujaran kebencian, kita sudah punya 1 barang bukti video itu saja dengan teks-nya,” terangnya. Perlu diketahui, dalam video yang beredar luas, ada potongan kata-kata dari Eggi Sudjana yang menyatakan bahwa tidak ada ajaran selain agama Islam yang sesuai dengan Pancasila. Sontak, pernyataan Eggi Sudjana menuai reaksi keras dari masyarakat yang kemudian beramai-ramai melaporkan kasus tersebut ke kantor polisi. (abd)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: