Denpasar Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri Nasional

(Baliekbis.com), Menjelang akhir Tahun 2016, Kota Denpasar tidak pernah sepi dari prestasi. Kali ini sekolah SD Negeri 5 Tonja Kecamatan Denpasar Utara, SD Negeri 10 Sumerta Kecamatan Denpasar Timur dan SMP Negeri 8 Denpasar, berhasil menorehkan prestasi di Tingkat Nasional, yakni meraih Sekolah Adiwiyata Nasional. Dimana penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia RI Siti Nurbaya Bakar di Auditorium Manggala Wanabakti Jakarta, pada tanggal 13 Desember lalu.  Hal ini disampaikan oleh Kepala Lingkungan Hidup Kota Denpasar AA Bagus Sudharsana di damping Kepala Sekolah Kepala Sekolah SDN 5 Tonja, Kepala Sekolah SDN 10 Sumerta dan Kepala Sekolah SMPN 8 Denpasar saat beraudiensi dengan Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara di Kantor Walikota Denpasar Jumat (16/12).

Bagus Sudharsana mengatakan, Pemerintah Kota Denpasar hampir setiap tahun mendapat penghargaan Sekolah Adiwiyata khususnya Nasional maupun Mandiri. Untuk Tahun 2016 ini penghargaan Adiwiyata Nasional Pemkot Denpasar diraih tiga sekolah yakni SDN 5 Tonja, SDN 10 Sumerta dan SMPN 8 Denpasar. Semua sekolah ini telah peduli terhadap lingkungan selain itu penghargaan ini diraih setelah memenuhi kriteria yang ditentukan.  Diantaranya kebijakan berwawasan lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, partisipasi masyarakat dan pengolahan sarana prasarana yang ramah lingkungan. Tidak hanya itu untuk masuk kriteria sekolah harus ada usaha kesehatan sekolah dan usaha kebersihannya.

Penghargaan ini diberikan bertahap pertama penghargaan tingkat Kota, setelah itu lanjut ke tingkat Provinsi baru naik ke Tingkat Nasional. Setelah naik tingkat Nasional sekian kali mendapat penghargaan akan naik ke Sekolah Adiwiyata Mandiri. Penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri ini langsung diserahkan oleh Presiden RI. Untuk tahun ini sekolah yang mendapat penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri adalah SD Negeri 17 Pemecutan. ‘‘Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional ini merupakan kado akhir tahun Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Kota Denpasar,’’ ungkapnya.

Sementara Kepala Sekolah SDN 10 Sumerta  Nyoman Sukadiasa S.Pd mengatakan, untuk meraih penghargaan ini berbagai upaya telah dilakukan Sekolah SDN 10 Sumerta diantaranya mengadakan kegiatan kebersihan lingkungan sekolah. Kebersihan lingkungan sekolah yang dilakukan adalah pemilahan sampah dan pembuatan kompos. Pemilahan sampah yang dimaksud adalah memilah sampah plastik dan diberikan kepada Bank Sampah sedangkan sampah organik di olah menjadi kompos.

Sementara itu Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara mengucapkan terimakasih kepada tiga sekolah ini telah mendapat penghargaan Seolah Adiwiyata Nasional. Dengan penghargaan ini Menurut Rai Iswara berarti sekolah ini telah melaksanakan program yang telah ditetapkan Pemerintah Kota Denpasar.

Sekolah yang mendapatkan penghargaan ini, Rai Iswara meminta agar bisa mengimbaskan ke sekolah-sekolah yang belum pernah meraih penghargaan. Tidak hanya di sekolah penghargaan ini bisa berimbas kepada orang tua agar bisa diterapkan di lingkungan rumahnya masing-masing. ‘’Meskipun masih anak-anak SD dan SMP agar bisa menjadi teladan mengajarkan orang tuanya untuk menjaga kebersihan di rumahnya masing-masing,’’ harapnya. (ayu/ist)

.

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: