Denpasar Festival Mengambil Konsep “Nyatur”

(Baliekbis.com), Persiapan menyambut datangnya Tahun Baru 2018, Pemkot Denpasar menggelar Denpasar Festival  yang dibuka, Kamis (28/12), dipusatkan di sebelah kantor Walikota Denpasar. ”Sebelum dibukanya Denpasar Festival, acara mulai dengan persiapan pelaksanaan gladi bersih lewat pementasan tari baris,”ujar Konseptor Kreografer Tari, A.A. Ketut Ngurah Astara, Rabu (27/12) di Denpasar.

Dikatakan, pembukaan Denpasar Festival ini diutamakan akan mengambil tari baris dengan berkonsepkan lima unsur yakni Nyatur yang terdiri dari suara gending Bali seperti Ndong, Ndeng, Ndung, Ndang, Nding. Karena lima unsur suara ini memiliki arti yang sangat luas dalam pemntasan tari baris. “Selain itu, para penari tari baris dengan lima unsure ini kan membawakan jenis tarian yang berbeda-beda sesuai instrumen suara yang digambelkan oleh para penabuh,”ucapnya.

Kemudian, tari baris yang akan ditampilkan dengan mengambil lima unsur suara yang berbeda-beda yang dimaksud di antaranya suara  Ndong yang diposisikan di sebelah timur akan memunculkan tari baris kupu-kupu, suara Ndeng di sebelah Utara akan memunculkan tari baris poleng, suara Ndung di sebelah Barat akan memunculkan tari baris gede, suara Ndang yang diposisikan di sebelah Selatan akan memunculkan tari baris cina. “Dan suara Nding yang diposisikan di tengah-tengah akan memunculkan tari baris tunggal,”jelasnya.

Pembukaan Denpasar Festival ini lebih diutamakan tari baris, sebab ini merupakan Maskot Kota Denpasar. Para peserta tari baris semuanya berasal dari siswa-siswi SMKN 5 Denpasar yang jumlahnya ada sekitar 225 orang. Bagi SMKN 5 Denpasar ini bisa menjadi suatu kebanggaan. “Karena baru kali ini bisa tampil pentas di acara pembukaan Denpasar festival,”terangnya. Ditambahkan, pembukan Denpasar festival ini pada intinya adalah bisa mengembangkan tari baris terutamnya di Kota Denpasar. Karena pada tari baris ini memiliki nilai sejarah terutamnya untuk para pejuang Bali, dan juga untuk tetap mengenang perjungan para pahlawan di Bali. (sus)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: