Dassault Systèmes Luncurkan Kampanye “Water for Life” Agar Industri Lebih Bijak dalam Mengkonsumsi Air dan Melindungi Sumber Daya Paling Berharga di Dunia

(Baliekbis.com), Dassault Systèmes (Euronext Paris: #13065, DSY.PA) hari ini mengumumkan “Water for Life”, yang merupakan aksi lanjutan dalam kampanye “The Only Progress is Human” yang diluncurkan untuk meningkatkan kesadaran mengenai berbagai tantangan sosial dan lingkungan, dan mendorong pemanfaatan dunia virtual untuk mendorong inovasi yang berkelanjutan. “Water for Life” menggabungkan tema air dan konsumsi untuk mengeksplorasi berbagai langkah yang bisa dilakukan oleh industri dalam mengonsumsi air secara  lebih bijak dan melindungi sumber daya yang paling berharga di dunia itu. Saat ini dunia sedang menghadapi ancaman konsumsi air yang berlebihan (overconsumption). Kampanye ini adalah bagian dari komitmen perusahaan untuk mendukung Sustainable Development Goals (SGD) PBB, khususnya SDG 6, yaitu untuk “memastikan ketersediaan dan pengelolaan air dan sanitasi yang berkelanjutan untuk semua.”

Melalui “Water for Life” Dassault Systèmes akan membantu para pelanggan menjawab tantangan ini dari tiga sisi: mengukur dan mengoptimalkan, berinovasi dan berkreasi, serta mengedukasi. Pertama, ini akan mendorong platform 3DEXPERIENCE sebagai akselerator untuk mengukur dan mengoptimalkan jejak penggunaan air di perusahaan-perusahaan dengan memberi pelanggan sebuah solusi industri terintegrasi yang menyediakan data mengenai pemakaian air terkait dengan pengalaman yang mereka ciptakan dan dampak dari berbagai opsi desain. Di masa yang akan datang, rekomendasi yang dihasilkan dari AI akan memberikan panduan untuk penciptaan produk, layanan dan pengalaman yang baru dan lebih berkelanjutan.

Dassault Systèmes juga akan mendukung gagasan water handprint melalui 3DEXPERIENCE Lab-nya. Gagasan ini akan dicapai dengan memanfaatkan kecerdasan kolektif untuk mempercepat inovasi disruptif seperti EEL Energy. Inovasi ini dapat mentransformasi berbagai proses di industri untuk mengurangi konsumsi air. Gagasan ini juga didukung oleh perjanjian kemitraan dengan inkubator di dunia, seperti OceanHub Africa.

Selanjutnya, Dassault Systèmes juga akan mengembangkan program edukasi yang bertujuan meningkatkan kesadaran mengenai isu-isu besar yang berkaitan dengan air, dan menginspirasi generasi yang akan datang untuk melestarikan sumber daya utama ini, seperti proyek Mission Ocean di Perancis yang didukung oleh La Fondation Dassault Systèmes.

“Dunia menyadari pentingnya melestarikan air dan bergerak menuju era baru tanggung jawab dan keberlanjutan atau ‘responsibility dan sustainability’. Industri punya peran tersendiri di dalam program ‘UN Decade to Deliver,”’ ucap Bernard Charlès, Vice Chairman dan CEO, Dassault Systèmes.  “Dunia virtual merupakan kunci penggerak (key enabler) bagi para pelanggan kami dalam mengimajinasikan, mendesain dan menguji produk, materi, dan proses manufaktur baru secara radikal. Semua yang dibutuhkan oleh perekonomian dunia yang lebih berkelanjutan di masa yang akan datang. Melalui solusi baru di industri, kami bisa menjadi mitra nomor satu di dunia untuk mendorong bangkitnya industri yang lebih berkelanjutan, sesuai dengan tujuan dari Paris Agreement.”

Air sangat vital bagi kehidupan, namun konsumsi air yang berlebihan untuk memproduksi barang dan layanan yang digunakan setiap hari di dunia telah mengancam ketersediaan air. Saat ini, lebih dari 40 persen populasi di dunia terdampak oleh kelangkaan air. Sejalan dengan Sustainable Development Goals PBB yang mendeklarasikan “Water Action Decade” pada 2018-2028, dengan fokus pada pengembangan berkelanjutan dan pengelolaan air terintegrasi. “Water for Life” sejalan dengan gerakan ini, dan komitmen terkini kami pada inisiatif Science Based Targets, juga perannya sebagai pendukung resmi TCFD (Taskforce for Climate-related Financial Disclosures).

“Water for Life” resmi diluncurkan dalam sebuah video yang menampikan Bernard Charlès bersama dengan penjelajah dan petualang profesional Mike Horn, yang juga memiliki passion yang besar terhadap konservasi air.

“Sebagai penjelajah profesional, saya menyaksikan langsung bagaimana aktivitas manusia memberikan dampak terhadap keadaan bumi kita. Sangat penting bagi kita untuk menjaganya, dan terlebih lagi melestarikan air, sumber daya kita yang paling berharga,” ujar Mike Horn. “Saya gembira tidak hanya PBB, organisasi nirlaba, dan politisi yang memenuhi target ini, tapi juga pemimpin industri seperti Bernard Charlès, CEO Dassault Systèmes menekankan pentingnya topik utama ini.”

Diluncurkan Februari 2020, “The Only Progress is Human” adalah kampanye komunikasi yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mengenai berbagai tantangan sosial dan lingkungan saat ini, dan menginspirasi orang-orang untuk memanfaatkan dunia virtual agar mendapatkan wawasan lebih mendalam mengenai tantangan tersebut, dan mendorong inovasi berkelanjutan untuk masa depan yang lebih baik. Inisiatif ini mengajak masyarakat melalui seri “10 Acts” atau “10 Aksi” yang mengambarkan bagaimana pengalaman virtual twin bisa dimanfaatkan untuk menciptakan pengalaman yang berpusat pada manusia dan dunia nyata demi menjawab setiap tantangan Aksi (Act). Aksi pertama berfokus pada tantangan “bagaimana dunia virtual mengubah cara kita merasakan emosi?” melalui pengalaman musikal dan visual unik “Virtual Harmony” yang menampilkan 3Dvarius, biola elektronik pertama yang dicetak secara 3D dan didesain menggunakan solusi Dassault Systèmes. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: