Dandim Bangli Hadiri Pengukuhan 80 Anggota Paskibraka

(Baliekbis.com), 80 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2018 dikukuhkan Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Artha, Rabu (15/8) sebelum bertugas pada peringatan HUT ke-73 RI di lapangan Kapten Mudita, Jumat 17 Agustus 2018.

Acara yang dipusatkan di Lapangan Kantor Bupati Bangli, ditandai dengan pembacaan Ikrar Putra Indonesia dan pemasangan kendit oleh Wabup Sedana Arta. Acara pelantikan disaksikan Dandim, Kapolres, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bangli, Purna Paskibraka Kabupaten Bangli dan keluarga Paskibraka 2018. Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta pada kesempatan itu lebih menekankan motivasi dan penguatan mental bagi anggota Paskibraka. Setelah hampir sebulan mengikuti berbagai latihan, baik fisik maupun non fisik, sesuai dengan kurikulum pelatihan Paskibraka, diharapkan anggota paskibraka ini sudah memiliki ketahanan fisik dan mental. Anggota Paskibraka merupakan pemuda pemudi terpilih, yang mendapat kehormatan dan kepercayaan mengemban tugas mulia.

Oleh karenanya, ia berpesan agar putra putri terbaik Bangli ini bisa menampilkan yang terbaik pada upacara peringatan HUT Ke 73 RI. ”Selamat bertugas dan tetap fokus. Berikan yang terbaik untuk Kabupaten Bangli”, pintanya. Sementara itu, ketua panitia pelaksana Sang Nyoman Nada, dalam laporannya menyampaikan, peserta Paskibraka tahun 2018 berjumlah 80 orang, terdiri dari 40 orang hasil seleksi tingkat kabupaten tahun 2018 dan 40 orang diambil dari peserta Paskibraka tahun 2017.

Untuk mematangkan persiapan, anggota Paskibraka tahun 2018 dibekali praktik latihan orientasi Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan pengenalan formasi. Selain pelatihan lapangan, anggota Paskibraka juga diberikan pembekalan materi, seperti pendidikan bela negara dan wawasan nusantara oleh Dandim 1626/ Bangli, hukum dan korupsi oleh Kejaksaan Negeri Bangli, kenakalan remaja dan Narkoba oleh Kepolisian Resort Bangli, Undang-Undang Pendidikan dan Ujian Nasional oleh Disdikpora Bangli dan Manajemen Organisasi dan Sejarah Paskibraka oleh Purna Paskibraka Indonesia Provinsi Bali.

Sementara itu Dandim Letkol Cpn Andy Pranoto, M.Sc., optimis melalui pembinaan, pelatihan dan pembekalan berbagai materi selama sebulan ini, anggota Paskibraka akan dapat mengemban tugas kenegaraan secara baik dan benar. Lanjutnya menjadi anggota Paskibraka adalah suatu kebanggaan dan hanya orang-orang terpilih dan punya kemampuan yang diberikan kepercayaan untuk tugas tersebut. (job)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: