Dampak Cuaca Buruk Rusak Jaringan Listrik, PLN Rugi Rp 2 Miliar

(Baliekbis.com), Musim hujan yang disertai angin kencang menyebabkan banyak pohon tumbang menimpa jaringan listrik PLN.

“Akibat gangguan cuaca ekstrim tersebut jaringan kabel PLN di 40 titik rusak tertimpa pohon,” jelas GM PLN Unit Induk Distribusi Bali Nyoman Suwarjoni Astawa di sela-sela gerakan bersih-bersih “Save Mangrove from Plastic” di Kawasan Wisata Hutan Mangrove, Suwung Kauh, Pemogan, Jumat (8/2) pagi.

Selain menyebabkan kerusakan jaringan yang cukup besar dan banyak, PLN juga mengalami kerugiaan material sekitar Rp 2 miliar dari kejadian tersebut. Untuk mengantisipasi dampak yang tidak diinginkan terutama menyangkut pelayanan dan keselamatan, Suwarjoni mengaku telah meningkatkan kesiagaan petugas  di lapangan.  Sehingga bila terjadi gangguan bisa lebih cepat ditangani. 

Ia juga mengimbau warga agar berhati-hati dalam kondisi cuaca ekstrim seperti sekarang ini. “Misalnya kalau menemukan kabel listrik jatuh ke jalan akibat bencana alam, agar segera menghubungi petugas PLN. Jangan sekali-sekali memegang atau memindahkan kabel sebab sangat berbahaya,” tegas Suwarjoni.

Ditambahkan pihaknya juga sudah menurunkan tim patroli yang keliling untuk mengawasi dan mengatasi gangguan di lapangan. Tim ini akan bergerak cepat bila ada gangguan di lapangan.

Dalam aksi bersih-bersih sampah plastik di kawasan wisata hutan mangrove tersebut selain karyawan juga melibatkan karang taruna dan ratusan pelajar SMA dan SMK. Diharapkan dengan terjun dan melihat langsung dampak sampah plastik ini, upaya untuk menjaga lingkungan akan semakin meningkat. “Kami juga di intern kantor berupaya meminimalisir penggunaan plastik sekali pakai,” tambah Suwarjoni. (bas)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: