Cuci Tangan Penting Cegah Infeksi Nosokomial

(Baliekbis.com), Selama pandemi Covid-19, mencuci tangan adalah sebuah kebiasaan baru yang wajib dilakukan oleh semua orang tidak hanya sebelum makan. Namun ketika memasuki ruangan ataupun setelah menyentuh benda-benda di fasilitas umum, cuci tangan ini bertujuan untuk mencegah penularan Covid-19.

Sebenarnya mencuci tangan tidak saja bertujuan mencegah penyebaran Covid-19 saja, namun menurut Kadek Lisa Pradnyamita, Amd.Kep. selakun perawat Ruang PICU RSUP Sanglah, mencuci tangan secara rutin merupakan salah satu upaya yang sangat penting untuk menjaga kebersihan tangan (hand hygiene) dalam upaya pencegahan dan pengendalian infeksi, terutama infeksi nosokomial.

“Infeksi nosokomial adalah infeksi yang terjadi di lingkungan rumah sakit. Seseorang dikatakan mengalami infeksi nosokomial jika infeksinya didapat ketika berada atau menjalani perawatan di rumah sakit,” jelasnya.

Dilanjutkan Lisa, infeksi nosokomial bisa terjadi pada pasien, perawat, dokter, serta pekerja atau pengunjung rumah sakit. Beberapa contoh penyakit yang dapat terjadi akibat infeksi nosokomial adalah infeksi aliran darah, pneumonia, infeksi saluran kemih (ISK), dan infeksi luka operasi (ILO).

Infeksi nosokomial paling sering disebabkan oleh bakteri. Infeksi bakteri ini lebih berbahaya karena umumnya disebabkan oleh bakteri yang sudah kebal (resisten) terhadap antibiotik, misalnya MRSA atau bakteri penghasil ESBL.

Infeksi nosokomial akibat bakteri ini bisa terjadi pada pasien yang sedang mendapatkan perawatan di rumah sakit atau pasien dengan sistem imun atau daya tahan tubuh yang lemah.

Selain bakteri, infeksi nosokomial juga dapat disebabkan oleh virus, jamur, dan parasit. “Penularan infeksi nosokomial dapat terjadi lewat udara, air, atau kontak langsung dengan pasien yang ada di rumah sakit dan orang-orang yang berada di lingkungan rumah sakit, untuk itu mencuci tangan bagi mereka yang kontak langsung dengan rumah sakit sangat diperlukan,” lanjutnya. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: