Cegah Kanker Serviks, Karyawati Pap Smear Gratis

(Baliekbis.com), Seorang ibu biasanya selalu penuh perhatian pada kesehatan keluarga, namun terkadang sering mengabaikan kesehatan diri sendiri. Jika tidak merasa sakit sekali, sangat sulit untuk diajak memeriksakan diri. Hal ini disadari betul oleh Wakil Ketua 1 YKI Cabang Gianyar, Ny. I.A Diana Dewi Agung Mayun kala menghadiri pemeriksaan pap smear untuk para karyawati di lingkungan Pemkab. Gianyar di Poli Klinik Kesehatan Perempuan Aman, Selasa (9/4).

Didampingi Kadis Kesehatan Kab. Gianyar dr. I.A Cahyani, Sekretaris YKI Cabang Gianyar Dewa Oka Harimbawa, Istri Wabup. Gianyar A.A Mayun ini mengingatkan pada seluruh perempuan untuk mulai peduli dengan kesehatan diri sendiri. Jangan malu untuk pap smear, karena dengan waktu 5 menit dapat menyelamatkan kita dari bahaya kanker leher rahim.

Pada kesempatan itu, Ny. Diana Dewi Agung Mayun juga mengajak agar masyarakat mau memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan oleh pemerintah. Pap semar jika dilakukan di klinik swasta tentu akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit.

“Luangkan waktu 5 menit untuk pap smear, itu akan menyelamatkan kita dari bahaya kanker serviks,” ajak Ny. Diana Dewi Agung Mayun. Pada kesempatan itu juga, Ny. Diana Dewi Agung Mayun bersama-sama dengan dr. Cahyani Widyawati memberikan pengarahan tentang makanan sehat, karena salah satu faktor penyebab kanker adalah pola hidup yang tidak sehat. Hindari makanan yang yang berlemak, gorengan dan makanan junk food lainnya. Harus banyak minum air putih dan makanan berserat lainnya.

Sementara itu Sekretaris YKI Cabang Gianyar Dewa Oka Harimbawa menjelaskan, tujuan dari pap smear bagi karyawati di Lingkungan Pemkab. Gianyar ini adalah juga untuk meningkatkan cakupan dan akselerasu pencapain target program penanggulangan kanker di Kabupaten Gianyar 2019. YKI cabang Gianyar bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Laboratorium Prodia menyelenggarakan kegiatan pap smear.

Bertempat di Poli Pelayanan Kesehatan Perempuan Aman di Lingkungan kantor Bupati Gianyar, pelayanan diawali pada Hari Selasa (9/4) untuk Gabungan dari OPD Dinas PMD, Dinas PPA Pengendalian Penduduk dan KB, Bappeda dan Litbang dan WHDI Sab. Gianyar. Selanjutnya secara bertahap akan dilakukan di seluruh OPD di Lingkungan Pemkab Gianyar pada minggu kedua setiap bulannya. (eni)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: