Cegah Covid-19, Senin Ini Hanura Bali Bagikan 20.000 Masker Secara Gratis

(Baliekbis.com),DPD Partai Hanura Bali bakal menggelar aksi bagi-bagi 20 ribu masker secara gratis pada Senin (23/3/2020) di sejumlah titik Kota Denpasar.

Langkah itu dilakukan karena makin meluasnya penyebaran virus Corona, di sisi lain warga kesulitan mendapatkan masker yang dinilai sangat berguna untuk mencegah paparan Covid-19 ini.

“Sejak beberapa waktu lalu kami berusaha mendapatkan masker-masker tersebut. Astungkara dengan daya upaya akhirnya berhasil,” ungkap Ketua DPD Hanura Bali I Kadek Arimbawa SH, Minggu (22/3/2020) di Denpasar.

Niat bagi-bagi masker itu diakui sudah muncul sejak dua bulan lalu, saat masyarakat mulai gelisah dengan kabar semakin merebaknya virus Corona. “Tapi memang tak mudah untuk mendapatkan masker yang sekarang jadi barang langka ini,” kata anggota DPD RI periode 2009-2014 dan 2014-2019 ini yang sampai harus mengobok-obok ibukota.

“Semoga masker-masker yang kami bagikan ini bermanfaat, apalagi kasus di Bali juga semakin meningkat, dan sudah ada korban jiwa,” kata Arimbawa.

Sampai Sabtu (21/3/2020) sore, angka yang dirilis Kementerian Kesehatan RI mencapai 450 kasus positif, 38 meninggal dunia, dan 20 berhasil sembuh. Sedangkan pertumbuhan angka di Provinsi Bali tercatat 3 kasus positif dan 2 di antaranya meninggal (WNA).

Sementara itu Sekretaris DPD Hanura Bali Gede Wirajaya Wisna menyatakan program bagi-bagi masker di Denpasar adalah bagian dari program Hanura untuk Indonesia yang digagas partai yang dipimpin oleh Oesman Sapta Odang (OSO) ini.

“Kami siapkan sebanyak 20.000 masker, dan bagikan langsung kepada masyarakat. Semoga masker ini bisa mengantisipasi penyebaran COVID-19 dan memberi rasa ketenangan warga menjelang hari raya suci Nyepi Tahun Baru Saka 1942,” kata Wirajaya Wisna.

Kegiatan Hanura Peduli ini juga akan dijadikan sosialisasi dan edukasi terkait pencegahan dan pengenalan gejala virus COVID-19. “Sosialisasi dan edukasi akan kami sampaikan dalam bentuk pembagian flyers yang berisikan antisipasi terhadap virus COVID-19,” imbuh Wirajaya.

Rencananya, ada empat titik kegiatan bagi-bagi masker pada Senin (23/3/2020) pagi hingga siang hari. Salah satu titik pembagian akan dilakukan di depan kantor baru DPD Partai Hanura Bali di Jalan Imam Bonjol Nomor 241 Denpasar.

Dijadwalkan kegiatan ini akan dihadiri oleh Sekjen Hanura, Gede Pasek Suardika yang kebetulan pulang kampung untuk menyambut catur brata penyepian. “Pak Sekjen akan hadir di tengah-tengah kami, dalam suasana keprihatinan semoga virus COVID-19 bisa segera berlalu,” kata Wirajaya.

Dihubungi terpisah, Gede Pasek Suardika mengakui akan ikut hadir dalam acara bagi-bagi masker di Bali. “Saat ini kami memang sedang menyiapkan Satuan Tugas Pelayanan Antisipasi COVID-19,” kata Pasek Suardika atau yang biasa disapa GPS ini. “Kami juga sudah menginstruksikan DPD dan DPC untuk melakukan pelayanan ke masyarakat dan sosialisasi membantu pemerintah agar langkah-langkah penanggulangan bisa lebih efektif,” ujarnya.

Untuk membantu pemerintah dan memberi rasa aman bagi masyarakat, DPD dan DPC Hanura, disebutnya akan membagikan masker dan hand sanitizer kepada masyarakat di wilayah masing-masing. Selain itu, Hanura akan melakukan penyemprotan disinfektan dan memberi bantuan alat pelindung diri (APD) untuk relawan pelayan medis. “Untuk pelaksanaan di daerah, aksi kemanusiaan tersebut disesuaikan dengan situasi di daerah masing-masing,” tuntas GPS. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: