Cegah Corona, Lapas Kerobokan Mulai Batasi Pengunjung Besuk

(Baliekbis.com), Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kerobokan, Denpasar membatasi pengunjung yang ingin membesuk keluarganya yang ditahan guna mencegah penularan virus corona.

Kalapas Kelas IIA Kerobokan Yulius Sahruzah usai menghadiri acara di PN Denpasar, Rabu (18/3/2020) mengatakan, keputusan ini terhitung mulai hari ini hingga dua minggu ke depan, mengingat jumlah tahanan ditempat itu mencapai 1.672 orang yang telah melebihi over kapasitas 332 orang, sehingga melalui upaya itu dapat menekan penyebaran virus corona.

“Kami sudah mulai membatasi pertemuan tahanan dengan keluarganya maupun dengan rekan-rekannya yang berkunjung. Untuk pemeriksaan rutin kami lakukan di klinik. Mereka yang merasa tidak sehat kami imbau agar ke klinik,” katanya.

Pihaknya juga menyiagakan petugas atau paramedis untuk memberikan sosialisai dan apabila ada penghuni yang sakit, sudah bisa ditangani segera. “Mudah-mudahan tidak ada. Kalau ada, kami bawa ke rumah sakit,” ucapnya.

Pihaknya tidak memungkiri dalam upaya ini ada beberapa kendala, mengingat space yang sangat kecil itu pasti untuk tidur tidak nyaman. Pasti untuk kebutuhan umum agak terganggu.

“Tapi Alhamdulillah untuk warga binaan Lapas Kerobokan untuk saat ini sudah mengerti dengan kondisi yang kami lakukan. Sudah banyak yang kami kirim ke daerah dan mereka itu sudah paham bahwa inu untuk kepentingan mereka. Supaya mereka tidak mudah terjangkit penyakit, tidak mudah terjangkit hal-hal yang tidak diinginkan,” ucapnya.

Untuk saat ini, pihaknya mendorong kegiatan olahraga untuk menjaga kesehatan para tahanan dengan berolahraga dan kegiatan ibadah tetap dilaksanakan. “Hanya saja kegiatan ibadah kami ada pembatasan terhadap stakeholder dari luar untuk masuk,” ucapnya. (bro)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: