Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

(Baliekbis.com), Jerawat menyebabkan peradangan di dalam lapisan dermis kulit. Peradangan inilah yang akhirnya menimbulkan bekas jerawat pada kulit yang umumnya berwarna kehitaman. Bekas jerawat atau jaringan parut yang terbentuk setelah jerawat, dipikirkan terjadi karena bentuk proses penyembuhan yang tidak normal. Proses ini menyebabkan adanya kelebihan ataupun kekurangan kolagen pada tempat jerawat tersebut. Bekas jerawat sebenarnya dapat hilang selang beberapa bulan semenjak jerawat sembuh, namun kita dapat mempercepat penyembuhan dengan berbagai cara, ada yang memakai obat-obatan dan cara alami. Cara mengobati jerawat secara alami menjadi salah satu cara yang paling tidak beresiko yang dapat dicoba oleh siapa saja, selain itu juga tak perlu mengeluarkan banyak uang.

Berikut ini bahan-bahan alami yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat:

Lidah buaya

Tempelkan gel lidah buaya ke bagian bekas jerawat. Diamkan dan tidak perlu dibilas. Bila bekas jerawat Anda agak parah, tambahkan gel lidah buaya dengan dua tetes minyak pohon teh untuk mendapatkan kulit bekas jerawat menjadi lebih cerah. Tanaman ini dapat dicoba sebagai bagian dari langkah menghilangkan bekas jerawat secara alami karena dapat memberikan efek membantu memudarkan bekas jerawat, membantu meremajakan, serta melembapkan kulit.

Es batu

Bungkus es batu menggunakan kain bersih, lalu tempelkan pada bekas jerawat. Diamkan beberapa menit sampai bagian kulit tersebut terasa mati rasa. Es batu dapat digunakan untuk hilangkan bekas jerawat dengan menenangkan kulit yang meradang dan mengurangi kemerahan. Agar khasiatnya makin ampuh, ganti air dengan teh hijau untuk lebih mendapatkan manfaat anti-inflamasi.

Jus lemon

Campur jus lemon dan air dengan perbandingan yang sama. Oleskan pada wajah tepat pada bagian bekas jerawat. Diamkan selama 15-25 menit, lalu bilas menggunakan air bersih. Sifat jus lemon yang membantu memutihkan kulit dapat berpotensi mengurangi noda kehitaman pada bekas jerawat secara efektif. Hindari mengoleskan jus lemon pada kulit di sekitar bekas jerawat karena lemon mengandung asam sitrat yang bersifat sangat mengeringkan kulit. Hindari juga menggunakan jus lemon tanpa diencerkan atau didiamkan di kulit terlalu lama sebab dapat menyebabkan luka bakar. Hal ini disebabkan tingkat pH yang berbeda antara jus lemon dengan kulit manusia.

Kayu cendana

Siapkan satu sendok makan kayu cendana yang sudah dijadikan bubuk. Tambahkan beberapa tetes air mawar, lalu aduk sampai membentuk pasta. Jika tidak ada air mawar, Anda dapat menggantinya dengan susu atau madu. Oleskan adonan ini pada bagian bekas jerawat. Diamkan selama sekitar setengah jam, lalu bilas dengan air hingga bersih. Kayu cendana dikenal memiliki sifat menyembuhkan kulit. Gunakan adonan cendana ini sampai bekas jerawat benar-benar hilang.

Baking soda

Ambil dua sendok baking soda dan campurkan dengan dua sendok teh air. Aduk hingga membentuk pasta. Gunakan pasta ini untuk menggosok wajah dengan gerakan melingkar, terutama di bagian bekas jerawat. Lakukan selama dua menit, lalu bilas menggunakan air bersih. Fungsi baking soda adalah sebagai pengelupas kulit sekaligus membantu mengurangi bekas jerawat. Yang perlu diingat, jika tidak efektif, segera hentikan pemakaiannya.

Madu

Oleskan madu langsung pada bekas jerawat. Utamakan menggunakan madu alami karena hasilnya lebih efektif untuk menyembuhkan bekas jerawat. Madu alami juga berkhasiat mengurangi kemerahan apabila bekas jerawat tersebut masih mengalami peradangan. Madu bersifat antibakteri dan dapat menenangkan kulit serta melembapkan. Selain itu, bahan alami ini juga aman bagi Anda yang berkulit sensitif.

Tomat

Tomat mengandung vitamin A dan C yang memiliki banyak khasiat untuk wajah salah satunya untuk mempercepat penyembuhan bekas luka. Cara pemakaiannya potong tipis tomat kemudian tempelkan pada wajah yang memiliki bekas jerawat dan diamkan sekitar 25-30 menit, setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin seminggu 3 kali agar bekas jerawat cepat hilang.

Mentimun

Mentimun mengandung Vitamin A dan C serta Magnesium yang bagus untuk kulit wajah. Cara pakainya sama seperti tomat yakni diiris tipis kemudian tempelkan pada wajah yang berjerawat dan diamkan hingga 20-30 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan bekas jerawat cepat hilang.

Jeruk nipis

Jeruk nipis dapat digunakan untuk menyembuhkan bekas luka serta meremajakan kulit wajah karena mengandung asam alpha hidroksi alami (AHA). Cara pemakaiannya adalah dengan memeras air jeruk nipis kemudian oleskan pada wajah anda sampai merata dan diamkan selama 15 menit, setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini dengan rutin minimal 3 kali dalam 1 minggu.

Ternyata menghilangkan bekas jerawat secara alami tidak sesulit yang dibayangkan dan bahan-bahannya pun mudah didapatkan. Sekarang, tinggal Anda yang harus rajin dan rutin menerapkan langkah-langkah penanganannya hingga bekas jerawat tersebut benar-benar hilang. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: