Camat Denut Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur

 

dsc_0862

(Baliekbis.com), Denpasar- Semua Kepala Lingkungan dan Kelian Dinas di masing-masing Kelurahan dan Desa di Kecamatan Denpasar Utara diberi Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang peningkatan kapasitas sumber daya aparatur di Pertemuan Kantor Perbekel Dauh Puri Kaja Denpasar Utara Selasa (18/10). Bimtek yang diselenggarakan oleh Kecamatan Denpasar Utara ini guna   meningkatkan kemampuan atau keterampilan Aparat Kelurahan dan Perbekel khususnya Kepala Lingkungan dan Kelian Dinas dalam pelaksanaan tugas pelayanan kepada masyarakat, sehingga menghasilkan Aparatur yang tanggap, tangkas dan tangguh serta dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.  Acara ini dibuka secara resmi oleh Asisten  Administrasi Pemerintah Setda Kota Denpasar I Ketut Mister mewakili Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra.

Menurut Ketut Mister semua aparatur terbawah yakni Kepala Dusun, Kepala  Lingkungan harus dibimbing secara berkelanjutan untuk memberikan  pengetahuan maupun keterampilan terhadap tugas pokok dan fungsinya di lapangan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. ‘’Dengan kegiatan ini kita ingin mereka kedepan menjadi tenaga-tenaga yang memiliki kompetensi dan profesional serta tangguh menjalankan tugas pokok dan fungsinya  di wilayahnya masing-masing,’’ ungkapnya.

Seperti diketahui Pemerintah Kota Denpasar telah memberikan bantuan keuangan kepada Desa/Kelurahan melalui dana ADD dan bantuan Kelurahan dalam rangka mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di wilayah masing-masing. Untuk itu Ketut Mister mengharapkan semua Kepala Dusun dan Kepala Lingkungan yang ada di Kelurahan dan Desa membantu didalam penyusun perencanaan pembangunan yang akan dituangkan dalam anggaran pendapatan dan belanja desa dan anggaran pendapatan serta pengeluaran kelurahan.

Tidak hanya itu ia mengatakan, melalui Bimtek ini juga diharapkan agar semua Kepala Dusun dan Kepala Lingkungan mampu menyusun rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD) dan Rencana Kerja Pembangunan Tahunan Desa (RKP). Sehingga dengan demikian akan memudahkan penyusuan APBDESA dan APP Kelurahan. Untuk menyusun RPJMD dan RKP diharapkan Desa/Kelurahan setiap tahun mengadakan musrenbang desa /kelurahan.

Tidak hanya itu, melalui Bimtek ini Kata Mister semua para Kelian Dinas, dan Kepala Lingkungan mampu menjadi garda terdepan didalam pelaksanaan pembangunan baik dalam pembangunan fisik, kesehatan, mental maupun yang lainnya. Serta mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat sehingga pembangunan di Kota Denpasar dapat terlaksana dengan baik.

Camat Denpasar Utara Nyoman Lodra menambahkan, Bimtek ini diselenggarakan dari tanggal 18 hingga 20 Oktober dengan jumlah peserta sebanyak 102 orang Kepala Lingkungan dan Kelian Dinas di masing-masing Kelurahan dan Perbekel di Kecamatan Denpasar Utara.

Untuk materi bimtek ini menurut Lodra mengacu pada 6 Program Strategis Kecamatan Denpasar Utara. Materi yang diberikan meliputi Tertib Administrasi Kependudukan, Clean dan Green Kota Denpasar, reaksi cepat menuju Kota Denpasar berbasis smart city, ketentraman dan ketertiban umum, tugas dan fungsi Kaling, Kadus serta tata penyusunan kegiatan IGA Pembangunan di Desa /Kelurahan  dan Teknis Penyusunan Peraturan Desa. (ayu/ist)

 

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: