Bupati Mahayastra Canangkan Wisata Kuliner di Kota Gianyar

(Baliekbis.com),Sejumlah siswa-siswi perwakilan SMK se-Kabupaten Gianyar nampak bersemangat mengikuti lomba kuliner di depan SMP Negeri 1 Gianyar, Minggu (23/2/2020).

Ada 14 SMK di Kabupaten Gianyar baik negeri maupun swasta ikut beradu kemampuan mengolah daging dengan berbagai rempah untuk dijadikan kuliner khas Gianyar, salah satunya lawar dan sate ilak. Dengan adanya lomba kuliner ini, Bupati Gianyar pun akan mencanangkan wisata kuliner di Kota Gianyar.

Lomba kuliner tingkat SMK tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT PDI-P ke 47 di Kabupaten Gianyar yang digelar oleh Dewan Pengurus Cabang (DPC) PDI-P Gianyar. Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Gianyar I Ketut Sudarsana mengatakan festival kuliner ini sebagai gema bahwa rempah nusantara masih ada dan dipakai oleh seluruh lapisan masyarakat. Apalagi sekarang masyarakat sangat memburu makanan kuliner khas suatu daerah.

Bupati Gianyar yang juga Ketua DPC PDI-P Made Mahayastra mendukung penuh festival kuliner kali ini. Festival kuliner tersebut juga sesuai dengan visi misinya untuk merancang atau menghidupkan kembali UMKM dan rakyat kecil.

Dikatakan pula berbicara kuliner Bali, satu satunya daerah dan pemerintah yang memberikan kesempatan untuk kuliner tetap eksis dan berkembang hanya di Gianyar karena cukup mengunjungi pasar senggol Gianyar semua kuliner tersedia disana. Mulai dari kue lukis, klepon, laklak, dan lainnya. Bahkan babi guling, ayam betutu lengkap tersedia dalam satu kawasan di pusat Kota Gianyar.

“Saya sempat cek ada yang buka jam 6 sore, pada jam 8 malam sudah habis, ini menunjukkan pedagang kuliner kita punya pasarnya” jelas Mahayastra.

Ke depan setelah pasar rakyat Gianyar selesai dibangun, pihaknya akan mencanangkan wisata di kota. Nanti, wisatawan akan berjalan kaki, menuju taman kota, ada wisata Puri Gianyar, pencinaan, dan tentunya kuliner di pasar Gianyar. “Kita akan tata seluruh sempadan jalan, nanti orang ke kota Gianyar akan berjalan kaki. Kita rancang rute wisata di kota, di desa sudah banyak hotel berbintang, namun di kota masih ketinggalan. Maka akan sesegera mungkin kita tata dan bangun kota Gianyar” jelasnya.

Bupati Mahayastra pun berharap ke depan seluruh siswa SMK yang telah mengikuti lomba kuliner, setelah tamat, bisa menjadi wirausaha-wirausaha muda di bidang kuliner atau lainnya. “Semoga ke depannya muncul wirausaha-wirausaha muda di Gianyar,” harapnya.(yes)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: