Bupati Giri Prasta Mendem Pedagingan di Pura Pucak Indrakila, Belok Sidan

mendem-2

(Baliekbis.com), Berdasarkan manah hening suci nirmala masyarakat br. Pinikit, Desa Belok Sidan, Kecamatan Petang melaksanakan Karya Ngenteg Linggih, Melaspas dan Mendem Pedagingan di Pura Pucak Indrakila. Pada saat acara melaspas lan mendem peagingan dihadiri Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Nyonya Seniasih Giri Prasta, Camat Petang I Gst. Ngr. Ariawan serta para prejuru adat dan dinas dan tokoh masyarakat setempat. Rabu (12/10).

Pada kesempatan tersebut Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta melakukan mendem pedagingan di pelinggih Gedong yang dilanjutkan dengan persembahyangan bersama serta menyampaikan, program-program pembangunan yang akan dilakukan kedepannya. Dalam melaksanakan yadnya masyarakat diharapkan dapat memelihara rasa persatuan dan kesatuan dengan segalak segilik selunglung sebayantaka agar yadnya yang dihaturkan dapat bermanfaat dan berguna.
Disamping itu Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta juga memaklumi bahwa waktu masyarakat kebanyakan habis di adat, untuk itu segala pembangunan yang akan dilakukan masyarakat akan dibantu sepenuhnya serta masyarakat diharapkan agar mengurus administrasi kependudukan dengan baik yang nantinya akan diberikan 2 (dua) Kartu yaitu; KIS (Kartu Indonesia Sehat) dan KBS (Kartu Badung Sehat) yang dapat dimanfaatkan untuk berobat gratis berapapun biayanya akan ditanggung Pemerintah.

Sementara itu Ketua Panitia I Wayan Budayasa melaporkan, masyarakat br. Pinikit berjumlah 105 KK dan masing-masing mengeluarkan urunan sebesar Rp.1 juta sebagai sumber dana melakukan karya dan kas Desa Adat sebesar Rp.90 juta. “Sedangkan dana yang dihabiskan untuk melaksanakan karya sebesar Rp. 400 juta,” katanya. Untuk memotivasi masyarakat Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta secara pribadi menghaturkan punia sebesar Rp.25 juta dan Perbekel Belok Sidan sebesar Rp. 75 juta. Setelah menghadiri karya di pura Indrakila Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta juga menghadiri karya memungkah ngenteg linggih mepadudusan agung medasar Tawur Balik Sumpah di Pura Puseh dan Pura Bukit Desa Adat Kiadan. (ist)

Leave a Reply

Berikan Komentar

%d blogger menyukai ini: